beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

10 Cara Kreatif Memanfaatkan Barang yang Biasa Dibuang

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Cara Kreatif Memanfaatkan Barang yang Biasa Dibuang
Image: reuse reduce recycle (ilustrasi: Pexels)

Jakarta - Seringkali kita harus membuang barang bekas seperti wadah makanan atau minuman kemasan di rumah karena kehabisan ide apa dan bagaimana cara untuk memanfaatkannya lagi.

Padahal banyak banget ide simpel yang bisa kamu terapkan untuk menggunakan kembali barang-barang itu menjadi sesuatu yang bermanfaat dibandingkan membiarkannya hanya menjadi sampah yang menumpuk saja.

Nah, kali ini Urbanasia ingin berbagi beberapa tips menggunakan kembali barang-barang yang biasanya kamu buang menjadi barang yang ada manfaatnya. Yuk simak langsung di bawah ini!

1. Botol Minum sebagai Pot

Mungkin kamu terbiasa membuang botol minuman soda kemasan begitu saja tanpa menyadari bahwa botol itu bisa kamu gunakan sebagai pot untuk menanam bunga hingga sayuran di kebun. Bahkan caranya cukup mudah untuk membuat pot itu. 

Kamu bisa melakukannya dengan memotong bagian atas botol, lalu buat lubang di bagian bawah botol menggunakan paku. Setelah itu, kamu bisa langsung memasukkan tanah serta pupuk dan benih tanaman lalu siram dengan sedikit air. 

2. Karton Telur untuk Pot Semai Tanaman Herbal

Jika kamu ingin menanam beberapa tanaman herbal, karton telur yang ada di rumahmu sangat cocok digunakan sebagai wadah untuk menyemai benihnya. Tentu saja langkah pertama adalah memilih terlebih dahulu beberapa benih tanaman yang kamu inginkan.

Setelah itu, isi karton telur dengan tanah lalu tabur setiap benih tanaman di atasnya. Siram dengan sedikit air, dan letakkan di tempat yang cukup dengan sinar matahari untuk membantu benih tumbuh menjadi tunas. Setelah mereka menjadi tunas, kamu bisa langsung merobek karton tersebut sesuai tanaman yang ingin kamu pindahkan ke dalam pot yang lebih besar.

3. Kulit Jeruk atau Sisa Buah dan Sayuran Lain untuk Pewarna Pakaian

Mungkin masih terdengar asing bahwa sisa-sisa kulit jeruk, buah lain hingga sayuran bisa digunakan untuk pewarna alami pakaian. Sebagai contoh, kacang hitam menghasilkan warna biru, kulit dan biji alpukat menghasilkan warna merah muda terang, kulit jeruk bisa memberi warna oranye muda, dan kulit delima bisa menghasilkan warna hijau tua.

Selain itu, pewarna alami menggunakan sisa buah ini ternyata ramah lingkungan karena hanya menimbulkan sedikit limbah serta tidak akan meracuni lingkungan. Caranya juga mudah, kamu bisa merendam bahan pilihanmu ke dalam air semalaman. Setelah itu, pisahkan air dan buang sisa bahan yang mengendap. Sisihkan terlebih dahulu air yang sudah berwarna tersebut.

Lalu rendam pakaian yang ingin kamu beri warna ke dalam air mendidih dengan campuran beberapa sendok teh tawas. Kemudian campurkan dengan air dingin untuk membantu pewarna bisa menempel ke pakaian.

Langkah terakhir yakni mencelupkan baju tadi ke dalam air pewarna dan biarkan terendam selama beberapa jam sampai kamu puas dengan warnanya. Setelah itu baru kamu bisa membilasnya dengan air dingin dan jemur hingga kering.

4. Sisa Sayuran Untuk Membuat Kaldu Buatan

Setiap kali kamu memotong sayuran untuk memasak, masukkan kulit dan potongan lainnya ke dalam kantong yang bisa disimpan di freezer. Misalnya, sisa potongan dari wortel, tomat, rempah-rempah, jamur, hingga bawang bisa kamu gunakan untuk membuat kaldu beraroma.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait