beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

16 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Cepat dan Mudah!

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
16 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami, Cepat dan Mudah!
Image: Ilustrasi pakai pore strip untuk hilangkan komedo. (Pexels/Sam Lion)

Jakarta - Kalian tahu nggak kalau jerawat itu ada banyak jenisnya? Nah, komedo pun termasuk salah satu jenis jerawat yang kategorinya ringan. Meski ringan tapi komedo bisa mengganggu. Terus gimana ya cara menghilangkan komedo di hidung?

Penyebab Komedo di Hidung

Sebelum kita cari tahu cara menghilangkan komedo, kamu perlu tahu dulu nih penyebab komedo di hidung. 

Melansir Medical News Today, komedo muncul karena folikel rambut tersumbat oleh keratinosit (zat protein) serta sebum (zat lemak). Ketika sebum bersentuhan dengan udara, oksidasi menyebabkannya menjadi gelap sehingga terbentuklah apa yang kita kenal dengan komedo hitam di hidung. 

Sementara komedo putih merupakan komedo yang tertutup oleh lapisan kulit tipis sehingga warnanya lebih terang. Area hidung lebih rentan muncul komedo karena bagian wajah tersebut punya kelenjar minyak lebih banyak.

Beberapa Cara untuk Menghilangkan Komedo Secara Alami dan Mudah

Kamu sudah tahu penyebab munculnya komedo, sekarang baru deh kita cari tahu cara untuk menghilangkan komedo di hidung. Ada beberapa cara untuk menghilangkan komedo secara alami dan mudah, yakni sebagai berikut:

1. Uap Air Panas

Cara sangat mudah untuk menghilangkan komedo yaitu dengan menguapi wajah menggunakan air panas. Nanti uap air panasnya akan melonggarkan sebum yang terperangkap di pori-pori.

2. Eksfoliasi

Sudah disinggung sebelumnya, penyebab komedo karena folikel rambut yang tersumbat. Untuk membuka pori yang tersumbat, baiknya kamu rutin mengeksfoliasi kulit. Tapi pastikan produk eksfoliasi yang kamu pakai lembut ya.

3. Clay Mask

Sifat menyerap minyak dari clay atau tanah liat membuatnya ideal untuk membersihkan lemak ekstra dari kulit bersama dengan kotoran lainnya. Bila digunakan secara teratur pada wajah, clay mask dapat membantu membersihkan pori-pori sehingga akhirnya akan menghilangkan komedo dan membuat kulit halus.

4. Pore Strip

Buat yang mageran, kamu cukup hilangkan komedo pakai pore strip saja. Lembaran ini akan membuat komedo menempel, lalu saat mengering dan dikelupas, komedo akan terangkat. Ini adalah salah satu cara tercepat untuk menghilangkan komedo, tapi jangan lupa hati-hati ketika mencabutnya ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait