beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

3 Makanan Indonesia Ini Masuk Daftar Sup Terenak di Dunia

Griska Laras,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Makanan Indonesia Ini Masuk Daftar Sup Terenak di Dunia
Image: ilustrasi makanan nusantara (Instagram/dapursolo1988)

Jakarta — Indonesia memiliki banyak makanan lezat yang sudah diakui dunia. Rendang adalah salah satunya. Makanan asal Sumatera Barat itu bisa ditemukan di beberapa restoran mancanegara. 

Tapi, nggak cuma rendang aja lho yang sudah dikenal para penikmat kuliner dunia. Belum lama ini Taste Atlas merilis daftar ‘50 Best Soup in the World’. Nah dari sekian banyak nominasi, ada tiga hidangan nusantara yang masuk dalam daftar ini, loh. 

Penasaran makanan apa saja? Simak daftarnya di bawah, ya!

1. Rawon 

1615030334-Rawon---resep-ibu-mertua-.jpegSumber: Olahan rawon (@resep_ibu_mertua/Instagram)

Rawon masuk dalam 10 besar sup terenak yang dibuat Taste Atlas. Makanan asal Jawa timur ini menempati posisi kedelapan setelah Sinigang, sup asam dari Filipina. 

Menurut Taste Atlas, rawon memiliki cita rasa segar dan rempah yang kuat. Hidangan ini dimasak dengan merebus daging dengan kluwek yang memberi rasa dan warna hitam yang khas. 

2. Gulai 

1657340016-gulai-kambing-ikarahma.jpgSumber: Gulai kambing/Freepik by Ikarahma

Makanan berkuah santan yang kerap disantap di hari raya ini juga terpilih sebagai salah satu sup terenak dunia, Urbanreaders. Gulai menempati posisi ke-24 setelah sup daging tradisional Filipina, Bulalo. 

Berasal dari Sumatera Barat, hidangan ini memiliki rasa yang mirip - mirip dengan kari India. Gulai biasanya menggunakan daging sapi atau kambing, tapi juga bisa menggunakan ayam, jeroan, seafood, atau sayuran.  

3. Soto 

1647510807-Resep-Soto-Ayam.jpgSumber: Resep soto ayam/Freepik

Soto merupakan salah satu makanan favorit di tanah air. Suwiran ayam yang lembut yang dipadukan dengan kuah gurih dan hangat nggak pernah gagal untuk membangkitkan selera makan. Karena alasan inilah Taste Atlas menempatkan soto dalam urutan ke-43 sup terbaik di dunia. 

Fyi, Taste Atlas merupakan situs kuliner yang berkantor pusat di Kroasia. Situs ini mengklaim sebagai ensiklopedia untuk hidangan tradisional dan restoran autentik dari seluruh dunia. Kini, Taste Atlas banyak digunakan sebagai panduan wisata oleh para pecinta kuliner.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait