beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

4 Alasan Kamu Harus Gunakan Silicone Sponge

Kintan Lestari,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Alasan Kamu Harus Gunakan Silicone Sponge
Image: Ilustrasi silicone sponge. (Freepik/stockshakir)

Jakarta - Banyak aplikator makeup yang membantu untuk mengaplikasikan riasan. Salah satunya spons makeup. Di antara spons makeup pun jenisnya ada banyak, seperti beauty blender, cosmetic wedges, microfiber sponge, sampai silicone sponge.

Yang akan kita bahas kali ini adalah silicone sponge. Aplikator satu ini bentuknya seperti beauty blender, hanya saja pipih dan terbuat dari silikon. 

Aplikator ini sering digunakan untuk mengaplikasikan foundation atau concealer dengan tekstur cair. Yap, betul hanya produk dengan tipe cair. Itu salah satu kekurangan aplikator ini. Silicone sponge tidak bisa mengaplikasikan produk dengan tekstur cream atau bedak.

Tapi nggak masalah, soalnya masih ada kelebihan lain dari spons jenis itu, terutama yang berkaitan dengan lingkungan. Yuk, kita intip 4 alasan kenapa kamu harus gunakan silicone sponge.

1. Hemat Produk

1654767391-silicone-sponge-4.jpgSumber: Ilustrasi silicone sponge. (Freepik/pavliukv)

Kalau spons jenis lain menyerap produk, silicone sponge tidak akan menyerap produk. Spons ini juga tidak menyerap produk di wajah saat kamu membaurkannya. Jadi sedikit full-coverage foundation sudah bisa mencakup seluruh wajah. Hasilnya kamu jadi lebih hemat deh penggunaan foundationnya.

2. Mudah Dibersihkan

1654767371-silicone-sponge.jpgSumber: Ilustrasi silicone sponge. (Freepik/pavliukv)

Masalah mengenai aplikator makeup adalah beberapa di antaranya sulit dibersihkan dan perlu waktu cukup lama untuk mencucinya karena butuh berkali-kali cuci dan bilas untuk memastikan produk benar-benar bersih dari sisa makeup. Belum lagi kamu butuh waktu untuk menunggu sponsnya mengering. Tapi tidak dengan silicone sponge. 

Karena sponsnya tidak menyerap produk, maka kamu hanya perlu mencucinya dengan air dan sabun, lalu bilas, dan keringkan setelahnya. Proses pengeringannya juga cepat karena bisa dilap dengan kain kering. 

3. Lebih Awet

1654767385-silicone-sponge-3.jpgSumber: Ilustrasi silicone sponge. (Freepik/stockshakir)

Salah satu alasan kamu harus pakai silicone sponge adalah karena aplikator ini lebih awet. Spons jenis lainnya perlu diganti beberapa bulan karena bisa mengundang bakteri berkumpul. Hal itu tidak terjadi pada silicone sponge. Aplikator ini tidak menyerap produk setiap kali digunakan dan memiliki bahan yang lebih tahan lama sehingga lebih sustainability. 

Kamu juga bisa memakai spons ini selama pinggirannya belum rusak. Jadi kalau kamu jaga dengan baik, spons ini bisa bertahan sangat lama. Dengan demikian, kamu tidak akan menambah sampah produk kecantikan sesering menggunakan blender tradisional.

4. Budget Friendly

1607396397-kumpulkan-uang-receh.jpgSumber: Ilustrasi uang. (Freepik)

Seperti sudah disinggung, spons ini lebih awet. Produk yang awet artinya kamu bisa menghemat uangmu. Kalau spons tradisional harus diganti setidaknya 3-5 bulan, artinya dalam setahun kamu harus mengeluarkan uang 3-4 kali untuk membeli spons yang baru. Tapi silicone sponge bisa bertahan sampai setahun bahkan lebih, artinya kamu hanya perlu mengeluarkan uang sekali di awal pembelian.

Itu dia Urbanreaders 4 alasan kenapa kamu harus gunakan silicone sponge untuk mengaplikasikan riasan. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait