menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

4 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa

Griska Laras,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Keutamaan Memberi Makan Orang yang Berbuka Puasa
Image: Berbuka puasa bersama/Freepik by Zurijeta

Jakarta - Bersedekah merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan selama Ramadan.  Sebab Allah SWT akan melipatgandakan pahalanya 10 sampai 700 kali lipat.  

Salah satu sedekah yang bisa dilakukan selama Ramadan adalah memberi makan orang berbuka. Selain menambah keberkahan, memberi makan untuk orang yang berbuka puasa memiliki sejumlah keutamaan sebagai berikut:

1. Mendapat pahala seperti orang yang berpuasa

Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, Rasulullah berkata bahwa setiap muslim yang menyediakan makanan untuk orang berbuka puasa akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa.

“Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun.” (HR Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192)

2. Menghapus dosa

Orang yang bersedekah juga akan mendapat ampunan dan menggugurkan dosa-dosanya yang telah lalu, asalkan disertai dengan taubat. Hal ini terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Tirmidzi.

“Sedekah akan memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, no. 2616; Ibnu Majah, no. 3973).

3. Mendapat naungan di hari akhir

Diriwayatkan dalan hadis Muslim, ada 7 golongan orang yang mendapat naungan Allah di hari akhir, salah satunya adalah orang yang menyembunyikan sedekahnya dari orang lain.

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir, Rasulullah bersabda:

“Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.”(HR Ahmad 4: 147)

Syaikh Syu’aib Al-Arnauth menyebut bahwa hadis tersebut shahih.

4. Menjauhkan diri dari api neraka

Sedekah meruapakan salah satu amalan yang bisa menyelamatkan manusia dari api nereka, meskipun jumlahnya hanya sedikit.

Dari hadis yang diriwayatkan Al Bukhari dan Muslim, Rasulullah meminta umatnya agar memperbanyak sedekah.

Bahkan jika tidak punya apapun yang bisa disedekahkan bisa diganti dengan kalimah thayyibah (kalimat-kalimat kebaikan yang jika diucapkan mendapat pahala seperti salam, basmalah, tahlil takbiir, istigfar dan lainnya).

"Jauhilah api neraka dengan bersedakah walau hanya dengan sebiji kurma. Jika tidak punya, bisa dengan kalimah thayyibah"  (HR Bukhari 6539 dan  Muslim 1016).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait