Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

4 Manfaat Kick Starter yang Perlu Diketahui

Alwin Jalliyani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Manfaat Kick Starter yang Perlu Diketahui
Image: Ilustrasi motor. Sumber: Pixabay/Monoar CGI Artist

Jakarta - Kick starter merupakan bagian penting motor yang membantu menyalakan mesin kendaraan. Komponen ini lebih dikenal sebagai starter manual dan masih dipakai oleh beberapa sepeda motor agar tidak bergantung kepada starter berbasis elektrik. Komponen ini harus sering digunakan supaya awet. Berikut manfaat kick starter yang dilansir dari Suzuki Indonesia.

1. Electric Starter Tidak Mudah Rusak

1630644949-youareweb.jpgSumber: Ilustrasi stang motor. Sumber: Pixabay/youareweb

Penggunaan electric starter secara terus menerus tidak baik untuk keberlanjutan komponen tersebut, sehingga sesekali perlu menggunakan starter manual. Selain itu, starter manual ini bisa digunakan ketika starter elektrik mengalami adanya kerusakan. Kamu dapat menggunakan starter manual di pagi hari saat mesin motor masih dalam kondisi dingin.

2. Aki Lebih Irit

1630061830-Pixabay-Antranias.jpgSumber: Ilustrasi motor. (PIxabay/Antranias)

Starter manual ini ternyata juga membantu membuat aki menjadi lebih irit, sehingga harus digunakan secara rutin. Menghidupkan motor dengan cara manual dapat menghemat aliran listrik, sehingga akan membuat aki lebih irit dan tidak cepat soak. Bukan hanya itu, menghidupkan motor secara manual dapat memperpanjang usia aki.

3. Sirkulasi Oli Lebih Lancar

1601358318-oli-motor.jpgSumber: Ilustrasi oli motor (Freepik)

Manfaat selanjutnya adalah membuat sirkulasi oli pada komponen lain lebih lancar. Hal ini karena tenaga yang dikeluarkan saat menginjak komponen ini besar, sehingga memberikan tekanan tersendiri dan membuat sirkulasi oli lebih lancar. Oli yang mengalir dengan lancar ini akan membuat komponen lain terlumasi, sehingga kinerjanya juga optimal.

4. Per Selah Tidak Karatan

1630499512-free-photos---pixabay.jpgSumber: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/free-photos)

Menggunakan starter manual bagus untuk menjaga per selah supaya tidak berkarat. Komponen ini mempunyai per yang akan berfungsi saat kamu menginjaknya untuk memberikan tekanan pada mesin. Apabila starter manual jarang dipakai, maka per selah akan berkarat dan tidak bisa digunakan. Hal ini akan menyulitkan saat starter elektrik bermasalah.

 
 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait