Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

4 Singa di Night Safari Singapura Positif COVID-19

Shelly Lisdya,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Singa di Night Safari Singapura Positif COVID-19
Image: Ilustrasi singa (Pixabay/13282396)

Jakarta - Empat singa Asia di kebun binatang Singapura telah dites dan dinyatakan positif COVID-19 yang diduga usai melakukan kontak dengan staf yang terinfeksi.

Kendati demikian, pihak Mandai Wildlife Group mengklaim kondisi keempat singa masih baik-baik saja. 

"Semua singa tetap baik dan makan dengan baik," kata laporan Channel News Asia mengutip Dr Sonja Luz, wakil presiden konservasi, penelitian, dan dokter hewan di Mandai Wildlife Group, operator kebun binatang, Rabu (10/11/2021).

Menurut laporan CNA, keempat singa Asia itu dinyatakan positif di Night Safari, objek wisata yang populer. Singa-singa itu menunjukkan gejala ringan termasuk batuk, bersin, dan lesu pada Sabtu. 

"Ini setelah terpapar staf dari Mandai Wildlife Group yang dites positif COVID-19," kata laporan itu mengutip Animal and Veterinary Service (AVS). 

AVS telah meminta Mandai Wildlife Group untuk mengisolasi semua sembilan singa Asia dan lima singa Afrika di sarang masing-masing. AVS menggunakan tes PCR untuk mendiagnosis empat singa Asia itu.

Dari keterangan Mandai Wildlife Group, dua penjaga awalnya "dites positif saat tidak bertugas" dan menularkan ke empat singa itu.

Pengujian dilakukan pada anggota tim yang pernah melakukan kontak dengan kedua penjaga tersebut. Karyawan ketiga, yang tidak menunjukkan gejala, kemudian dinyatakan positif di tempat kerja dan diberhentikan dari tugas. 

"Mereka menerima (a) tes PCR positif konfirmasi pada 8 November," kata operator kebun binatang. 

Dalam pernyataan terpisah, Mandai Wildlife Group mengatakan bahwa pameran singa Asia di sepanjang rute trem di Night Safari telah ditutup sejak Minggu setelah keempat singa menunjukkan gejala pernapasan. 

“Ada bukti bahwa hewan, secara umum, tidak jatuh sakit parah akibat virus. Kami berharap singa akan sembuh total dengan perawatan suportif ringan. Namun, antiperadangan dan antibiotik dapat diresepkan jika perawatan lebih lanjut diperlukan," kata Dr Luz dari Mandai Wildlife Group.

Sementara itu, Singapura melaporkan 3.397 kasus baru COVID-19, termasuk 169 dari asrama untuk pekerja migran. Dengan ini, jumlah total kasus di negara ini telah meningkat menjadi 2.24.200. 

Kementerian Kesehatan Singapura melaporkan 12 kematian akibat komplikasi terkait virus corona yang mendorong jumlah kematian menjadi 523. 

Dari 3.397 kasus baru yang dilaporkan di negara itu, enam di antaranya adalah orang yang datang dari luar negeri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait