Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

4 Tahun Tertunda, Jakarta Biennale Resmi Digelar Mulai 21 November

Griska Laras,
19 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tahun Tertunda, Jakarta Biennale Resmi Digelar Mulai 21 November
Image: Jakarta Biennale 2009 karya Julia - Sarisetiarti/Jakarta Biennale

Jakarta - Jakarta Biennale akhirnya kembali digelar setelah tertunda selama 4 tahun. Mengusung tema 'ESOK', acara seni ini akan dihelat di Museum Kebangkitan Nasional (STOVIA) dan Museum Nasional pada 21 November 2021 hingga 21 Januari 2022.

Direktur Program Jakarta Biennale, Farah Wardani, mengatakan tema 'Esok' dipilih dengan tujuan mengaktivasi semangat dan harapan masyarakat menghadapi masa depan.

"ESOK diambil dalam bahasa Indonesia 'besok', yang berarti hari yang akan datang. Tapi dalam lingkup yang lebih luas, esok berkaitan dengan urgensi nyata yakni masa depan," kata Farah.

Acara ini menyuguhkan karya seni yang mengusung tema permasalahan saat ini, seperti hak asasi manusia, krisis iklim, keberagaman, pemberdayaan perempuan, kesetaraan gender, gangguan digital, hingga situasi pandemi.  

Ada sekitar 38 seniman lokal dan internasional yang terlibat di Jakarta Biennale di antaranya, Arifah Rahdini (Bandung), Anna Daucikova (Praha), Tamarra (Yogyakarta), Bani Haykal (Singapura), Che Onejoon (Seoul), Jumana Manna (Berlin), Kenji Makizono (Fukuoka), Khairani Barokka (London), Ines Doujak (Vienna) dan Maha Maamoun (Cairo).

Seniman-seniman yang terlibat di Jakarta Biennale dipilih oleh tiga kurator, yakni Grace Samboh (Indonesia), Sally Texania (Indonesia), dan Qinyi Lim (Singapura).

Tak hanya menyuguhkan instalasi seni, Jakarta Biennale juga menghadirkan berbagai program seperti Guided Tour, workshop seni, pemutaran film, hingga simposum.

Program Guided Tour bisa diakses di Museum Nasional setiap Selasa dan setiap Rabu di Museum Kebangkitan Nasional. Sementara program pemutaran film akan dihelat setiap Sabtu di ruang audio visual Museum Kebangkitan Nasional.  

Untuk menikmati Jakarta Biennale 2021, pengunjung perlu melakukan reservasi online minimal sehari sebelum kedatangan. Waktu kunjungan juga dibatasi hanya 3 jam tiap kedatangan dengan maksimal pengunjung 75 orang per hari.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait