menu
user
URtech

4 Tips Maksimalkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbud

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Maksimalkan Bantuan Kuota Internet Kemendikbud
Image: Ilustrasi kuota internet gratis (Freepik/yanalya)

Jakarta - Bantuan kuota internet dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tahun 2021 mulai disalurkan. Apakah Urbanreaders salah satu yang sudah menerima bantuan kuota internet hari ini?

Nah seperti yang kita ketahui, bantuan kuota internet kali ini berbeda dari bantuan sebelumnya. Jika sebelumnya bantuan kuota internet yang diberikan terbagi menjadi kuota umum dan kuota belajar, kali ini hanya ada kuota umum aja ya guys. Besaran volume kuotanya pun berkurang dari sebelumnya.

Untuk itu penting untuk menggunakan bantuan kuota ini dengan hemat, guys. Nah berikut beberapa tips yang telah Urbanasia rangkum dari berbagai sumber :

1. Prioritaskan untuk Keperluan Belajar di Rumah

1615523950-belajar-online-2.jpg

Sumber: Ilustrasi belajar online (Freepik/Freepik)

Bantuan kuota internet dari Kemendikbud harus dimanfaatkan dengan maksimal. Bahkan kalau perlu berhemat agar kuota tersebut mencukupi kebutuhan belajar selama 30 hari. Bagaimana caranya?

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemendikbud menyarankan agar kita memprioritaskan penggunaan kuota untuk keperluan belajar di rumah. Seperti webinar atau videocall dengan guru atau dosen, mencari referensi atau sumber belajar, dan mengakses hal lain yang berkaitan dengan materi belajar.

2. Aktifkan Batas dan Peringatan Pemakaian Kuota Internet

1615524034-belajar-online.jpg

Sumber: Ilustrasi belajar online (Freepik/torwaiphoto)

Tahukah kamu kalau kita bisa membatasi pemakaian data kuota internet? Yap dengan menyalakan batas pemakaian kuota internet, kamu memantau penggunaan kuota harian. Sehingga saat penggunaan sudah melebihi batas tersebut, akan muncul peringatan. Berikut caranya : 

- Buka menu pengaturan di handphonemu 
- Pilih menu Jaringan & internet, lalu klik Penggunaan data.
- Pilih Penggunaan data seluler, lalu klik Setelan.
- Pilih Peringatan data. Kalau perlu, aktifkan Setel peringatan data terlebih dahulu dengan masukkan angka. - Lalu klik Setel.

Dengan begitu saat penggunaan data mencapai level yang dipilih, kamu akan mendapatkan notifikasi. Atau kamu juga bisa mengakalinya dengan mematikan koneksi saat tidak melakukan kegiatan belajar, guys.

3. Batasi Penggunaan Aplikasi yang Boros Kuota

1596102703-belajaronlinepixabay.jpg

Sumber: Ilustrasi orang tua dan anak belajar online. (Pixabay/finelightarts)

Untuk menghemat kuota, kamu harus bisa nih memilih dan memilah mana saja aplikasi-aplikasi yang boros kuota. Dengan begiti kamu bisa membatasi penggunaan aplikasi yang boros kuota tersebut. 

Jika aplikasi tersebut masih dibutuhkan, maka pakai saat dibutuhkan saja. Atau jika tak lagi dipakai, lebih baik hapus aplikasi tersebut dari handphonemu. Sehingga penggunaan kuota saat belajar di rumah pun lebih hemat.

4. Nonaktifkan Fitur Update Aplikasi Otomatis

1583890829-belajar-online.jpeg

Sumber: Ilustrasi orang tua dan anak belajar online. (Pixabay)

Nah Urbanreaders pasti sering mendapat memdapat notifikasi untuk meng-update aplikasi di handphonemu kan? Agar bantuan kuota internetmu aman, kamu bisa menyiasatinya dengan menonaktifkan fitur update otomatis ini. Apalagi biasanya hal ini cukup menguras kuota. Jadi ada baiknya atur update aplikasi saat terhubung WiFi aja, guys.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait