beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Cara Sederhana untuk Bantu Capai Work Life Balance

Izzah Putri Jurianto,
15 November 2022 18.10.25 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Sederhana untuk Bantu Capai Work Life Balance
Image: Wanita membaca buku (Pexels/andreapiacquadio)

Jakarta – Istilah work life balance banyak diucapkan di sekitar kita, tapi nyatanya cukup sulit untuk mencapai hal ini. Beberapa faktor yang mendasarinya adalah kurangnya manajemen waktu, komitmen atau terlalu banyak jumlah pekerjaan yang harus diselesaikan.

Nah, kehidupan kerja yang tidak seimbang dapat berisiko membuat kita stres, rentan sakit, bahkan mengganggu kesehatan mental. Berikut adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai work life balance.

1. Disiplin Manajemen Waktu

Manajemen waktu bukan hanya persoalan bagaimana kamu mengatur jadwal, tapi juga sedisiplin apa kamu menjalaninya. Akan kurang maksimal jika kamu hanya membuat jadwal tanpa komitmen penuh.

Maksimalkan penggunaan alat-alat produktivitas di gadget, seperti kalender dan aplikasi to do list untuk mencatat kegiatanmu. Selain itu, penting juga untuk melakukan evaluasi di akhir pekan terkait apa saja aktivitas yang kamu lakukan seminggu terakhir.

2. Atur Batasan

Hal terpenting agar kamu bisa seimbang antara hidup dan bekerja adalah dengan membuat batasan. Batasan yang dimaksud adalah dengan tidak membuat keduanya tercampur di waktu yang bersamaan.

Misalnya, ketika sudah lewat jam kerja, coba untuk tidak melanjutkan pekerjaan di rumah, kecuali di saat-saat darurat. Atau, kamu juga bisa mematikan handphone untuk beberapa jam agar tidak tergoda meneruskan pekerjaan.

3. Nikmati Pekerjaan

Pernah mendengar frase bahwa kita harus mencintai pekerjaan agar terasa lebih nyaman? Kedengarannya mudah, tapi nyatanya susah untuk dilakukan.

Nah, walau kita tak bisa cinta pekerjaan, setidaknya coba untuk bersikap netral. Sebab, membenci pekerjaan yang kita tekuni justru semakin menimbulkan rasa tidak nyaman selama bekerja, loh.

4. Jangan Lupakan Kesehatan

Kesehatan juga menjadi salah satu kunci penting menyeimbangkan hidup dan pekerjaan. Tanpa fisik yang sehat, keduanya tidak bisa dilakukan.

Biasakan untuk berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat setiap harinya. Jenis olahraga yang bisa kamu lakukan tidak harus berat, olahraga sederhana seperti jogging setiap pagi pun sudah cukup.

5. Me Time

Setiap minggu, sisakan satu hari khusus untuk kamu melakukan me time. Artinya, di hari ini, kamu berkomitmen penuh untuk menyenangkan dirimu sendiri.

Me time bisa dilakukan dengan menjalani hobi, seperti berkebun, membaca buku, berwisata, atau hanya sekedar rebahan di kamar pun tidak masalah. Yang terpenting, usahakan untuk tidak menyentuh pekerjaan selama waktu me time.

Bekerja memang penting, namun jangan sampai hal ini justru membuat kamu lupa untuk meyeimbangkannya dengan kehidupanmu, Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait