Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Fakta Transplantasi Jantung Babi yang Dilakukan David Bennett

Griska Laras,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Fakta Transplantasi Jantung Babi yang Dilakukan David Bennett
Image: Ilustrasi operasi (Pixabay/sasint)

Jakarta - Seorang pria di Maryland, David Bennett, menjadi orang pertama yang bertahan hidup setelah menerima transplantasi organ hewan. Pria 57 tahun ini setuju mengambil donor jantung babi sebagai ganti jantungnya untuk bertahan hidup.  

Operasi eksperimental ini dilakukan tim bedah University of Maryland medical School, Jumat (7/1/2022). Berdasarkan laporan dokter, kondisi Bennett membaik tiga hari pascaoperasi. 

Jika tidak ada masalah maupun efek samping dari prosedur ini, ilmuwan berharap organ babi bisa membantu meringankan kekurangan organ donor di dunia. 

Berikut ini sederet fakta transplantasi jantung babi pertama pada manusia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pilihan Terakhir David Bennett

Bennett pergi ke University of Maryland Medical Center dengan kelelahan parah dan sesak napas pada Oktober 2021. Tim medis mencoba menyelamatkan jantung Bennett selama dua bulan, tapi tidak berhasil. 

Beberapa program transplantasi baik formal maupun informal menolak Bennett. Sebab, kondisinya tidak memenuhi syarat untuk pompa jantung buatan karena aritmia.

Tim bedah lalu menawarkan prosedur eksperimental xenotransplantasi dengan jantung babi untuk menyelamatkan nyawa Bennet. Meski awalnya sempat menolak, Bennett akhirnya setuju melakukan operasi  untuk bertahan hidup. 

Kondisi Bannett Usai Transplantasi

Setelah operasi selama delapan jam, Bennett bernapas sendiri tanpa bantuan ventilator. Tapi, dia tetap dibantu mesin ECMO untuk meringankan kerja jantung barunya memompa darah ke seluruh tubuh. 

Berdasarkan laporan Guardian, kondisi Bennett dinyatakan membaik tiga hari pasca operasi transplantasi. 

Jantung babi sudah dimodifikasi

Jantung babi yang menjadi donor Bennett telah menjalani prosedur modifikasi genetik dan dibesarkan. Tiga gen yang menyebabkan penolakan organ babi dalam tubuh manusia dilumpuhkan. Prosedur modifikasi dilakukan oleh perusahaan biotek di Virginia, Amerika Serikat. 

Sebelum operasi, jantung babi yang disumbangkan disimpan di mesi pengawetan organ. Tim juga menggunakan obat eksperimental yang dibuat Kiniksa Pharmaceuticals untuk menekan sistem kekebalan. 

1642046756-transpalantasi-babi.pngSumber: Ilustrasi Operasi Jantung (Freepik: peoplecreations)

Ilmuwan Nilai sebagai Terobosan Besar 

Selama bebera dekade, ilmuwan di seluruh dunia telah mencari cara untuk menyelamatkan nyawa manusia dengan transplantasi organ hewan.

Anatomi dan fisiologi jantung babi disebut mirip dengan jantung manusia sehingga digunakan sebagai model untuk mengembangkan pengobatan baru. 

Pencapaian tindakan xenotranspantasi atau transplantasi organ dari binatang ke manusia ini disebut memberi harapan baru bagi pasien yang membutuhkan transplantasi.

Jika transplantasi jantung babi yang dijalani David Bannett berhasil, para ilmuwan meyakini transplantasi tersebut bakal menjadi solusi atas kekurangan organ donor di dunia. 

Sudah Pernah Ada Operasi Transplantasi 

Transplantasi jantung yang dilakukan Bennett bukan xenotransplantasi pertama yang dilakukan. Upaya transplantasi organ babi ke manusia sudah pernah dilakukan beberapa kali, tapi gagal karena perbedaan genetik. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait