menu
user
URstyle

5 Kesalahan dalam Merawat Wajah yang Perlu Dihindari

Itha Prabandhani,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
 5 Kesalahan dalam Merawat Wajah yang Perlu Dihindari
Image: Kesalahan merawat wajah (Freepik/fabrikasimf)

Jakarta - Rajin merawat wajah dan jarang keluar rumah, tapi kok wajah masih aja bermasalah, ya? Mungkin kamu melewatkan sesuatu dalam rutinitas harian perawatan wajah kamu, guys.

Kebiasaan dalam merawat wajah dapat berpengaruh pada kondisi kulit wajah. Tak hanya kandungan nutrisi dalam skincare yang perlu diperhatikan, cara kamu merawat wajah pun perlu dilakukan dengan tepat.

Beberapa kesalahan yang tampaknya sepele bisa mengakibatkan masalah pada kulit wajah. Apa saja? Simak ulasan yang dilansir dari Bustle berikut ini, yuk!

1. Tidak Segera Cuci Muka Saat Bangun Tidur

1595645308-bersihkan-wajah2.jpgSumber: Ilustrasi mencuci muka (Freepik)

Cuci muka saat bangun dari tidur adalah hal yang paling sering diabaikan. Meski kamu cuma tidur aja dan nggak beraktivitas di luar ruangan, wajah kamu tetap perlu dibersihkan setelah bangun dari tidur.

Wajah akan tetap memproduksi sebum dan meregenerasi sel-sel kulit, selama kamu tidur. Karena itu, jika sebum dan tumpukan sel kulit mati terpapar bakteri, segera muncullah jerawat. Mencuci muka segera setelah bangun dari tidur akan membersihkan wajah kamu dari sebum dan sel-sel kulit mati yang mungkin menumpuk di dalam pori-pori kulit.

2. Skip Pakai Sunscreen

1614169616-pexels-photo-6417904.jpeg-gunaka-sunsscreen-pixabay-by-Pavel-Danilyuk.jpegSumber: Ilustrasi penggunaan sunscreen. (Pixabay/Pavel Danilyuk)

Karena berada di dalam ruangan, terkadang kita berpikir bahwa nggak perlu pakai sunscreen. Meski tidak terpapar sinar matahari secara langsung, penggunaan sunscreen tetap disarankan. Sunscreen tak hanya ampuh melindungi kulit wajah dari sinar UVA dan UVB, namun juga ikut merawat kelembapan kulit dan menjaganya dari flek hitam dan kusam.

3. Terlalu Sering Scrub Wajah

1612276273-scrub-pencerah-wajah.jpgSumber: Scrub pencerah wajah. (Ilustrasi/Freepik)

Melakukan eksfoliasi dengan scrub wajah, adalah salah satu rangkaian perawatan kulit wajah yang penting. Namun, proses eksfoliasi mesti dilakukan secara berkala. Jika kamu memiliki kulit wajah yang cenderung normal, lakukan scrub wajah seminggu sekali saja.

Untuk pemilik kulit wajah berminyak, lakukan scrub wajah seminggu dua kali. Selain itu, lakukan gerakan yang lembut dan pilih scrub dengan butiran yang halus. Hindari menggosok wajah terlalu keras, karena akan menimbulkan iritasi dan wajah jadi jerawatan.

4. Tidur dengan Makeup Menempel

1604630402-posisi-tidur.jpgSumber: Ilustrasi posisi tidur. (Freepik)

Tak jarang, karena badan terlalu lelah sesudah seharian beraktivitas, kamu langsung tepar di tempat tidur tanpa membersihkan makeup dengan seksama. Kebiasaan ini bisa menimbulkan jerawat karena kotoran yang tersumbat dalam pori-pori kulit.

Karena itu, sempatkan untuk menghapus makeup sebelum kamu beristirahat. Manfaatkan micellar water sebagai pembersih makeup yang praktis dan cepat mengangkat kotoran dari wajah kamu.

5. Memencet Jerawat

1615255537-jerawat-freepik.jpgSumber: Ilustrasi wajah berjerawat. (Freepik/ user18526052)

Jerawat yang meradang dan hampir pecah, memang bikin tangan ‘gatel’ banget untuk nggak memencetnya. Namun, memencet jerawat bisa membuat jerawat kamu makin meradang karena paparan bakteri dari tangan.

Selain itu, kotoran di dalam jerawat bisa masuk ke lapisan kulit yang lebih dalam saat kamu memencetnya. Akibatnya, jerawat akan muncul lagi atau meninggalkan bekas hitam yang sulit hilang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait