beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Apa Aja?

Hanisa Sutoyo,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Apa Aja?
Image: Daun Salam. (Freepik/azerbajian_stockers)

Jakarta – Selain sebagai bahan masakan, ternyata daun salam kaya akan nutrisi dan menyimpan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh manusia loh, Urbanreaders

Daun salam dikenal berpotensi untuk melindungi tubuh dari stres, melancarkan pernapasan, hingga membantu dalam menangani diabetes. Sangat bermanfaat bukan?

Melansir situs Organic Facts, terdapat manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari daun salam. Apa saja? Yuk, simak daftar berikut ini!

1. Dapat Melancarkan Pencernaan

1609901023-pencernaan-sehat.jpgIlustrasi pencernaan sehat. (Freepik)

Daun salam menjadi obat tradisional untuk meredakan gejala gangguan pencernaan ataupun penyakit perut lainnya seperti perut kembung, sembelit, dan diare.

Pasalnya, daun salam mengandung sejumlah enzim dan protein yang mampu melancarkan pencernaan nih. Jika kamu tertarik untuk mencobanya, cukup dengan merebus daun salam dan kemudian minum air bekas rebusan tersebut ya.

2. Dapat Membantu Meringankan Kondisi Pernapasan

1650948173-Ilustrasi-pernapasan-diafragma-(Freepikyanalya).jpeg(Freepik/yanalya)

Daun salam memiliki sifat antibakteri yang kuat loh, Urbanreaders. Kamu bisa memanfaatkan minyak atsiri daun salam yang telah diekstraksi, kemudian diolah menjadi salep dan dioleskan ke dada. Hal ini bisa membantu meringankan berbagai kondisi pernapasan yang terasa berat.

Selain itu, kamu juga bisa merebus daun salam untuk kemudian dihirup uapnya nih. Hal ini memiliki efek yang mirip dengan aromaterapi loh, sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya yang mungkin terperangkap di saluran pernapasan kamu.

3. Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

1644480457-rambut-freepik.jpgIlustrasi rambut. (Freepik/gpointstudio)

Daun salam ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengobati ketombe dan mengurangi masalah rambut rontok loh, Urbanreaders

Caranya dengan merendam daun salam di dalam air dan menggosokkannya pada kulit kepala setelah keramas. Bahan kimia dan bahan yang mudah menguap di dalamnya ini dapat membantu meningkatkan kesehatan folikel rambut kamu.

4. Berperan Sebagai Agen Anti-inflamasi

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait