Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

5 Prospek Kerja Lulusan Computerized Accounting, Apa Saja?

Shelly Lisdya,
20 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Prospek Kerja Lulusan Computerized Accounting, Apa Saja?
Image: Ilustrasi karir

Jakarta - Urbanreaders apakah sudah pernah mendengar istilah Ilmu Komputerisasi Akuntansi?

Ilmu Komputerisasi Akuntansi merupakan salah satu program studi di perguruan tinggi. Jadi, dasar jurusan ini merupakan salah satu spektrum Ilmu Komputer tetapi memiliki keterkaitan dengan Ilmu Akuntansi. Di Indonesia pun, masih jarang universitas yang membuka jurusan ini.

Salah satu yang cukup terkenal adalah BINUS University dengan jurusan Computerized Accounting-nya. Komputerisasi Akuntansi sendiri termasuk salah satu bidang ilmu yang berkembang karena kemajuan teknologi beberapa dekade belakangan. 

Mengutip dari laman resminya, Selasa (16/11/2021) dalam praktiknya, mahasiswa yang masuk ke jurusan ini akan belajar banyak hal tentang program-program komputer terkait akuntansi dan bagaimana cara memanfaatkannya. 

Keterampilan dasar akuntansi dan mengoperasikan komputer tentu sangat dibutuhkan para mahasiswa Computerized Accounting.

Meski termasuk “asing,” Ilmu Komputerisasi Akuntansi termasuk salah satu jurusan dengan peluang karier cukup luas. Lulusan prodi ini tidak hanya bisa bekerja di lembaga keuangan, melainkan juga berbagai badan usaha dari bidang lain. Berikut lima prospek kerja jurusan Ilmu Komputerisasi Akuntansi: 

1. Private Accountant

Apabila perusahaan akuntan publik melayani lebih dari satu perusahaan, akuntan pribadi hanya melayani satu perusahaan, lembaga, atau perseorangan. Hal ini membuat pekerjaan akuntan pribadi lebih eksklusif dan peluang mendapatkan gaji tinggi pun lebih besar. 

Selain itu, akuntan privat di sebuah perusahaan juga memiliki jenjang karir menjanjikan sebagaimana akuntan publik. Apalagi ketika perusahaan kita terjun di dunia digital dan berkembanga menjadi lebih besar lagi. Peran lulusan Ilmu Komputerisasi Akuntansi tentu sangat dibutuhkan di sini.

2. System Analyst

Pekerjaan ini menuntut kita untuk merancang sistem yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Profesi system analyst biasanya ada di perusahaan yang menjual barang dan jasa atau bahkan start up. Dalam praktiknya, lulusan Computerized Accounting tidak hanya bekerja sebagai akuntan tetapi juga programmer.

Program yang dibangun biasanya tidak jauh-jauh dari strategi pengembangan bisnis. Inilah mengapa meskipun secara teknik pekerjaannya berhubungan dengan tindakan strategis ala akuntan, keterampilan serta pengetahuan tentang komputasi akan selalu dibutuhkan.

3. Financial Clerks

Profesi ini bertugas mengatur catatan keuangan, tagihan, serta berbagai transaksi keuangan lain. Dalam praktiknya, financial clerks juga bertanggung jawab membuat laporan keuangan, perpajakan, bahkan membuat anggaran untuk sebuah perusahaan. Profesi financial clerks selalu ada di hampir semua jenis perusahaan.

Sekilas pekerjaan utama profesi ini adalah segala hal tentang akuntansi. Tapi jika bekerja di perusahaan yang berbasis internet, financial clerks juga bisa berfungsi sebagai system analyst.

4. Accounting Receptionist

Seperti namanya, jobdesc accounting receptionist adalah menjawab telepon, menyambut klien, hingga menjadwalkan pertemuan antara klien dengan staf perusahaan. Dalam praktiknya, profesi ini juga akan mengerjakan hal-hal lain terkait dengan akuntansi.

Soal teknologi, di era sekarang hampir semua profesi pasti memanfaatkan kecanggihan gadget begitu pula dengan accounting receptionist. Jadi jangan khawatir keterampilan komputasi selama menjadi mahasiswa tidak terpakai karena dalam praktiknya, profesi ini juga akan menggunakan komputer.

5. Accounting Clerks

Apabila financial clerks fokus pada berbagai transaksi keuangan sebuah perusahaan, profesi ini bertanggung jawab dalam hal utang piutang. Tidak hanya itu, seorang accounting clerks juga akan bertanggung jawab terhadap tata buku, pencatatan setiap transaksi, penghitungan tingkat bunga, hingga pembukuan terhadap segala hal tentang keuangan.

Jadi jangan heran apabila posisi accounting clerks termasuk vital di sebuah perusahaan. Profesi ini sendiri cukup banyak ditemukan di berbagai jenis perusahaan mulai dari kantor pemerintahan, lembaga keuangan, perusahaan lokal dan asing, industri, organisasi, hingga start up.

Lalu, mana profesi yang menjadi tujuan kariermu setelah lulus kelak? Apapun profesinya, keuntungan utama menjadi mahasiswa Computerized Accounting adalah bisa survive di era digital karena keterampilan komputasi dan programming yang dimiliki.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait