beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

5 Tanda Kamu Punya Rasa Empati di Atas Rata-rata

5 Tanda Kamu Punya Rasa Empati di Atas Rata-rata
Image: Ilustrasi. (Freepik)

Jakarta - Empati merupakan kemampuan seseorang untuk dapat mengerti atau memahami apa yang dirasakan orang lain secara emosional. Bisa jadi kamu termasuk salah satunya, atau malah kamu seorang empath?

Empath adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki perasaan empati di atas rata-rata. Sehingga kamu tidak hanya mengerti dan memahami, namun benar-benar ikut merasakan apa yang dialami oleh orang lain dengan emosi yang mendalam.

Misalnya, ketika orang lain bercerita tentang pengalaman buruk yang terjadi, seketika kamu bisa ikut merasakan emosi negatif yang bisa membuatmu kelelahan secara emosional.

Tak hanya itu, kamu juga akan kesulitan untuk memilah mana yang sebenarnya menjadi emosi sendiri dan milik orang lain. Seorang empath juga cenderung merasa sedih ketika tidak dapat membantu orang lain yang dalam kesusahan.

Lantas apa saja yang menjadi tanda bahwa kamu seorang empath? Langsung saja simak ulasan singkat di bawah ini!

1. Mengikuti Emosi Orang Lain Secara Tidak Sadar

Seorang empath sendiri sering tidak menyadari bahwa ia mengikuti apa yang dilakukan oleh orang lain. Mulai dari postur, tingkah laku, hingga ekspresi wajah.

Seperti contoh ketika melihat jari seseorang tertusuk jarum, seorang empath akan bereaksi seolah jarum tersebut menusuk jarinya. 

Menurut hasil pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI), saraf otak seorang empath akan merespons yang sama ketika mengamati orang lain yang mengakibatkan mereka dapat merasakan apa yang orang lain rasakan.

2. Ikut Merasakan Sakit Orang Lain

Studi berjudul 'The Science of Empathy' menyebutkan bahwa orang dengan rasa empati yang sangat tinggi bisa merasakan sakit yang dirasakan orang lain.

Studi tersebut dilakukan dengan cara memberikan sengatan listrik kepada 16 orang wanita yang memiliki pasangan. Kemudian, ketika sengatan listrik diberikan, pasangan mereka mengaku ikut merasakan sengatan listrik tersebut padahal sedang berada di ruangan berbeda.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait