beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

5 Tips Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet

Hanisa Sutoyo,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Merawat Jaket Kulit agar Tetap Awet
Image: Tips merawat jaket kulit (Foto: Pinterest/Merrick's Art)

Jakarta – Dalam merawat pakaian, kamu memerlukan beberapa teknik khusus, terlebih pada bahan yang rentan mengalami kerusakan seperti jaket kulit

Sejumlah orang merasa pakaian dengan bahan kulit tidak cukup awet. Sebab, ketika tergores sedikit saja, langsung membekas di pakaian kamu, loh.

Nah, untuk menjaga keawetan dan kualitas jaket kulit kamu agar selalu terlihat seperti baru, simak tips berikut ini, ya.

1. Cuci dengan Tangan

1655291890-Cuci-dengan-tangan(1).jpgSumber: Mencuci jaket kulit dengan tangan membuat jaket kulit lebih awet (Foto: Pinterest/Woman's Day)

Sama seperti sejumlah bahan pakaian lain, hindari mencuci jaket berbahan kulit dengan menggunakan mesin cuci, Urbanreaders.

Mencuci menggunakan tangan dinilai lebih baik karena gesekan yang terjadi tidak begitu kasar, sehingga tidak mudah merusak bahan pakaian.  

2. Gunakan Pelembut Khusus

1655291447-Vaseline.jpgSumber: Vaseline bisa bikin jaket kulit lebih awet (Foto: Pinterest/Thatgratefulsoul)

Karena memiliki tekstur yang sangat berbeda dari bahan pakaian lain, maka lebih baik kamu menggunakan pelembut pakaian khusus untuk jaket kulit kamu.

Jika tidak ingin membeli pelembut khusus, kamu bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan vaseline dan alkohol. Vaseline dinilai bisa menjaga sisi-sisi jaket kulit yang kaku, seperti bagian kerah dan bahu.

3. Jemur dengan Benar

1655291544-Jemur-dengan-benar.jpgSumber: Hindari menjemur jaket kulit di bawah sinar matahari langsung (Foto: Pinterest/SHEIN)

Menjemur jaket kulit sebaiknya tidak dibawah sinar matahari langsung. Kamu bisa menggantungnya di jendela atau menjemurnya di malam hari.

Nah, jika masih ada sisa butiran air terlihat pada jaket, bisa kamu lap dengan menggunakan kain lembut yang kering, ya.

4. Gunakan Minyak Zaitun atau Baby Oil

1655291685-Minyak-zaitun.jpgSumber: Selain buat skincare, minyak zaitun juga berguna merawat jaket kulit (Foto: Pinterest/Gutekueche.at)

Selanjutnya, selain menjaganya tetap bersih, kamu juga harus menjaga jaket kulit kamu agar selalu terlihat mengkilap, nih. Sebab, kilaunya inilah yang membuat jaket kulit tampak lebih kece.

Kamu bisa mengoleskan sedikit demi sedikit minyak zaitun atau baby oil ke jaket kamu dengan menggunakan lap lembut. Kedua bahan ini dipercaya bisa menjaga kilauan jaket kulit kamu, loh.

5. Gunakan Pasta Gigi

1655291776-Pasta-gigi.jpgSumber: Gunakan sikat lembut jika mencuci jaket kulit dengan pasta gigi (Foto: Pinterest/Tanya Foster)

Jika telah dicuci namun masih ada beberapa noda di sejumlah titik, kamu bisa memanfaatkan pasta gigi untuk membersihkan bagian-bagian tertentu. 

Tapi, perlu diingat, ya, gunakan sikat kecil yang lembut seperti sikat gigi agar tidak merusak bahan kulit pada jaket kamu.

Nah, itulah lima tips merawat jaket kulit agar tetap awet dan selalu terlihat seperti baru. Jangan gunakan cara sembarangan untuk menjaga kualitas pakaian kamu, ya, Urbanreaders!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait