menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URamadan

5 Tips WFH Tetap Efektif Selama Ramadan

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips WFH Tetap Efektif Selama Ramadan
Image: Ilustrasi work from home (WFH) (Freepi/eakkachahalang)

Jakarta - Hari-hari pertama Ramadan biasanya puasa masih terasa ‘berat’ karena tubuh masih menyesuaikan diri dengan perubahan pola hidup. Kondisi ini sering membuat kamu merasa mudah lelah, mengantuk, hingga kurang produktif dalam bekerja.

Buat kamu yang lebih banyak bekerja dari rumah, tubuh yang merasa lemas dan gak berenergi pastinya sulit banget buat diajak bekerja. Akibatnya, kamu jadi lebih sering rebahan ketimbang membuka laptop.

Nah, biar kerja tetap efektif selama berpuasa, yuk ikuti beberapa tips dari Urbanasia berikut ini.

1. Sempatkan Tidur Siang

1614260182-pexels-photo-3094210.jpeg-kurang-tidur-pixabay-by-Valeria-Ushakova.jpegSumber: Ilustrasi kurang tidur. (Pixabay/Valeria Ushakova)

Perubahan jam tidur bakal bikin tubuh kamu mudah merasa mengantuk. Karena itu, sempatkan untuk tidur siang sekitar 45 menit hingga 1 jam pada jam istirahat siang. Tidur siang bisa mengembalikan energimu dan membuatmu kembali segar untuk bekerja lagi.

2. Atur Prioritas Pekerjaan

1614346562-tips-wfh---freepik-tonefotografia.jpgSumber: Ilustrasi Work From Home. (Freepik)

Agar energimu dapat tersalurkan dengan maksimal, atur prioritas pekerjaan. Lakukan pekerjaan yang paling menguras energi dan konsentrasi di pagi hari. Lalu, makin siang kamu bisa memilih pekerjaan yang lebih ringan. Kamu juga harus memilah mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih cepat dan mana yang bisa ditunda.

3. Atur Meeting dengan Efektif

1614346588-tips-wfh---freepik-master1305.jpgSumber: Ilustrasi Work From Home. (Freepik)

Jika kamu punya agenda untuk meeting online, aturlah agar meeting berjalan seefektif mungkin. Misalnya, peserta rapat dapat mengirimkan dulu materi diskusinya, sehingga mengurangi waktu presentasi. Selain itu, kuasai aplikasi-aplikasi pendukung agar meeting dapat berjalan lebih cepat dan efektif.

4. Jauhkan Diri dari Gangguan

1614047525-kesalahan-wfh---freepik.jpgSumber: Ilustrasi work from home (WFH)/Freepik.

Agar kamu bisa fokus dalam bekerja dan menjaga konsentrasi, jauhkan diri dari gangguan seperti mengecek media sosial, membaca berita gosip, atau main game. Kondisikan ruang kerjamu di rumah agar memungkinkan kamu untuk bekerja secara optimal, seperti halnya kalau bekerja di kantor.

5. Tetapkan Target Pekerjaan

1614346632-tips-wfh---freepik-gpointstudio.jpgSumber: Ilustrasi Work From Home. (Freepik)

Setiap hari, buatlah to-do list dan tetapkan target pekerjaan yang mesti diselesaikan, bukan dari durasi jam kerja. Misalnya, kamu punya 3 tugas yang harus diselesaikan, maka jadikan itu sebagai target pekerjaan harianmu. Jika tugas tersebut telah selesai, kamu bisa beristirahat meskipun ‘jam kerja’ belum berakhir. Biar nggak terjadi miskomunikasi dengan rekan kerja, setujui dulu sistem kerja ini dengan atasan dan rekan satu tim.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait