beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

6 Pesona Jeonju, Kota di Korsel yang Bakal Jadi ‘Saudara’ Depok

Griska Laras,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Pesona Jeonju, Kota di Korsel yang Bakal Jadi ‘Saudara’ Depok
Image: Sekolah Konfusianisme Jeonju Hyanggyo/Visit Korea.

Jakarta – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono belum lama ini membuat pernyataan mengejutkan. Dia menyebut akan menjadikan Jeonju sebagai ‘sister city’ Kota Depok

Melalui program kota kembar ini, keduanya akan mengembangkan kerja sama di bidang pendidikan, budaya, ketenagakerjaan, dan pendidikan. 

Jeonju sendiri merupakan sebuah kota di utara Provinsi Jeolla, Korea Selatan. Kota ini menyimpan jejak – jejak sejarah negeri ginseng dengan apik, baik dalam bentuk arsip, lukisan, hingga bangunan tradisional. 

Berikut ini Urbanasia rangkum pesona Kota Jeonju yang bisa jadi referensi kamu saat liburan ke Korea Selatan. Cek yuk!

1. Kuil Gyeonggijeon

1662635217-Kuil-Gyeonggijeon.jpegSumber: Kuil Gyeonggijeon/Visit Korea.

Kuil Gyeonggijeon merupakan salah satu destinasi Kota Jeonju yang paling populer di antara wisatawan mancanegara. Letaknya ada di dekat pintu masuk Desa Hanok Jeonju.

Ketika masuk ke kuil, pengunjung akan disambut dengan hamabi, sebuah batu yang berisi perintah kepada siapa pun yang melewati bangunan harus turun dari kudanya sebagai bentuk penghormatan leluhur. 

Pengunjung juga dapat menemukan lukisan raja - raja yang pernah memerintah Korea Selatan. Termasuk lukisan Raja Taejo yang dipajang di aula utama. 

Jika lelah berkeliling kamu bisa beristirahat di halaman kuil sambil menikmati pohon bambu yang cantik dan rindang. 

Lokasi: 44, Taejo-ro, Wansan - gu, Jeonju-si, Joellabuk-do.

2. Katedral Katolik Jeondong 

1662635233-Katedral-.jpegSumber: Katedral Katolik Jeondong/Visit Korea

Dari Kuil Gyeonggijeon, kamu bisa mampir ke Katedral Katolik Jeondong. Lokasinya persis di seberang kuil. Dibangun pada 1914, katedral ini merupakan satu - satunya bangunan bergaya barat yang ditemukan di Desa Hanok Jeonju. 

Katedral ini dirancang oleh Pendeta Poinel dengan menggabungkan gaya arsitektur Bizantium dan Romawi. Bagian luarnya didominasi batu bata abu - abu dan merah. Lengkap dengan tiga menara lonceng dan langit - langit  serta jendela lengkung. 

Lokasi: 99, Girin-daero, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do.

3. Gerbang Pungnammun 

1662635182-Gerbang-Pungnammun .jpegSumber: Gerbang-Pungnammun/Visit Korea.

Berdiri di tengah Kota Jeonju, Gerbang Pungnammun terkenal memiliki pemandangan malam hari yang indah. Dari sini pengunjung dapat melihat cahaya dari pusat kota. 

Gerbang yang dirancang menyerupai kastil ini berada di selatan kota dan menjadi satu - satunya dinding benteng yang tersisa di antara empat benteng lain. 

Lokasi: Pungnammun3-gil, Wansan-gu, Jeonju-si, Jeollabuk-do.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait