menu
user
URstyle

7 Cara Aman dan Cepat Hilangkan Cegukan

Itha Prabandhani,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Cara Aman dan Cepat Hilangkan Cegukan
Image: Ilustrasi cegukan (Freepik/eddows-animator)

Jakarta - Saat habis minum ataupun makan, sering tiba-tiba kita mengalami cegukan. Meski cegukan nggak terlalu berbahaya dan dapat reda dengan sendirinya, cegukan bakal bikin kamu merasa kurang nyaman.

Cegukan terjadi akibat kontraksi otot diafragma yang terjadi berulang dan tidak terkendali. Diafragma adalah otot yang mengatur pernapasan manusia. Otot ini terletak tepat di bawah paru-paru. Saat diafragma berkontraksi, paru-paru akan mengambil oksigen dan saat diafragma rileks, paru-paru akan melepaskan karbon dioksida.

Cegukan juga dapat terjadi karena hal lain, misalnya makan terlalu banyak atau terlalu cepat, minum minuman bersoda, makan makanan pedas, stres, dan perubahan suhu yang terlalu cepat.

Kondisi ini mengakibatkan diafragma tidak bekerja sesuai ritme yang seharusnya. Maka, muncullah kejang yang kita sebut dengan cegukan. Proses ini akan membuat laring dan pita suara menutup secara tiba-tiba dan memunculkan suara ‘hik’ saat kamu cegukan.

Untuk mengatasi cegukan, ada beberapa cara yang aman, sederhana, dan cepat. Berikut ulasan yang dilansir Urbanasia dari Healthline. Yuk, simak bareng, guys!

1. Menahan Napas

1617554618-cegukan---freepik-karyukav.jpgSumber: Ilustrasi menahan napas (Freepik/karyukav)

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil napas dalam-dalam, lalu menahannya selama beberapa waktu. Kamu bisa memencet lubang hidung dengan jari selama sekitar 20 detik. Cara ini akan meningkatkan jumlah karbon dioksida dalam sistem tubuh, sehingga diafragma akan berhenti kejang. Ulangi beberapa kali sampai cegukan reda.

2. Latihan Pernapasan

1614224618-bernafas-pixabay-by-Alexandr-Podvalny.jpegSumber: Ilustrasi rrlaksasi bernapas (pixabay/ Alexandr Podvalny)

Untuk meredakan kejang otot diafragma, lakukan pernapasan dengan teratur. Caranya, tarik napas selama 5 detik, lalu embuskan selama lima detik juga. Ulangi proses ini sampai cegukanmu hilang.

3. Minum Air Sambil Menahan Napas

1611810153-minum-air-putih.jpgSumber: Minum air putih. Sumber: Freepik.

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan minum air sambil menahan napas. Kamu bisa menutup hidung dengan jari sambil meneguk air putih. Tahan napas kamu selama air masuk ke tenggorokan. Biasanya cegukan akan hilang dalam beberapa teguk air.

4. Meremas Telapak Tangan

1604375514-cuci-tangan.jpgSumber: Ilustrasi tangan. (Freepik)

Meremas telapak tangan juga dapat membantu mengatasi cegukan. Satukan kedua telapak tangan seperti berjabatan, lalu tekan-tekan cukup kuat. Cara ini akan membantu mengendurkan diafragma dan menstimulasi saraf vagus atau phrenicus untuk kembali pada ritmenya. Saat otot diafragma kembali normal, cegukan pun akan berhenti.

5. Memeluk Lutut

1617554911-cegukan2---freepik.jpgSumber: memeluk lutut (Freepik/Freepik)

Selain meremas telapak tangan, kamu juga bisa memeluk lutut untuk membantu menghentikan cegukan. Tekuk lutut kamu di depan dada lalu peluk erat dengan kedua tanganmu selama beberapa waktu. Ulangi prosesnya hingga cegukanmu mereda.

6. Minum Air Es

1617554934-cegukan---freepik-pressfoto.jpgSumber: Minum air putih (Freepik/pressfoto)

Meminum air es sedikit demi sedikit dapat membantu mengatasi cegukan dengan cepat. Dinginnya air es akan membantu menstimulasi otot vagus untuk kembali normal.

7. Mengisap Lemon

1617554920-cegukan---freepik.jpgSumber: Menggigit lemon (Freepik/Freepik)

Mengisap air lemon ternyata juga dapat membantu mengatasi cegukan. Caranya, iris satu buah lemon lalu taburi dengan sedikit garam dan isap airnya. Sesudah itu berkumurlah dengan air putih. Ulangi prosesnya hingga cegukan hilang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait