Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

7 Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Perlu ke Dokter

Kintan Lestari,
24 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Cara Mengatasi Sesak Nafas Tanpa Perlu ke Dokter
Image: Freepik

Jakarta - Sesak nafas atau dyspnea jadi salah satu gejala COVID-19, meskipun sebenarnya kondisi ini sudah ada sejak dulu sebelum pandemi melanda. Cara mengatasi sesak nafas rupanya bisa dilakukan di rumah tanpa perlu ke dokter.

Kondisi ini terjadi karena kurangnya asupan oksigen atau udara di paru-paru. Jadi sebenarnya siapapun bisa mengalami masalah pernapasan ini.

Seperti disinggung tadi, cara mengatasi sesak nafas bisa dilakukan sendiri tanpa perlu ke dokter. Berikut caranya yang bisa kamu ikuti, Urbanreaders:

1. Tarik Nafas Dalam-dalam

1614224618-bernafas-pixabay-by-Alexandr-Podvalny.jpegSumber: Ilustrasi relaksasi bernafas (Pixabay/Alexandr Podvalny)

Jika kamu merasa sulit bernafas, cara pertama cobalah untuk mengambil nafas dalam-dalam. Jadi coba tarik nafas lewat hidung, lalu tahan nafas sebentar, kemudian hembuskan lewat mulut.

2. Cari Posisi Nyaman

1632397026-posisi-nyaman-nafas.jpgSumber: Ilustrasi posisi nyaman bernafas. (Unsplash/engin akyurt)

Saat kesulitan bernafas, cobalah cari posisi yang nyaman baik ketika kamu sedang berdiri, tidur, atau duduk. Cara ini terutama sangat membantu bila sesak nafas yang kamu alami karena kelelahan.

Posisi yang nyaman pun terserah kamu, mau bersandar di dinding sambil berdiri, duduk dengan bagian dada condong ke depan, atau tiduran dengan beralaskan bantal. 

3. Pakai Kipas Tangan

1632396996-kipas-tangan.jpgSumber: Ilustrasi kipas tangan. (Pixabay/PDPics)

Sesak nafas dan kipas nampaknya bukan kombinasi yang bagus. Namun cara satu ini rupanya ampuh untuk beberapa orang. 

Sebuah studi meneliti 111 pasien sesak nafas apakah kipas tangan membantu mereka bernafas lebih baik. Hasilnya empat (3,6%) orang tidak merasakan manfaat, 16 pasien (14,4%) tidak yakin, 80 pasien (72,0%) merasakan beberapa manfaat, dan 11 pasien (10,0%) merasakan manfaat yang sangat besar. 

Pasien-pasien yang merasakan manfaat mengatakan kipas angin mengurangi kebutuhan mereka akan oksigen di rumah.

4. Bernafas Lewat Mulut

1632397018-nafas-lewat-mulut.jpgSumber: Ilustrasi bernafas lewat mulut. (Unsplash/Eli DeFaria)

Cara lain untuk mengatasi sesak nafas adalah bernafas lewat mulut atau pursed lip breathing. Teknik bernafas satu ini cocok bagi mereka yang sesak karena terlalu cemas.

Cara bernafas dengan teknik ini kamu duduk tegak namun dengan bahu yang rileks. Tarik nafas lewat hidung selama beberapa detik, jangan membuka mulut selama tarik nafas. Kalau sudah buang nafas lewat mulut secara perlahan.

5. Menghirup Uap

1632397007-minuman-beruap.jpgSumber: Ilustrasi minuman beruap. (Pixabay/cromagnon130)

Sesak nafas juga bisa diatasi dengan menghirup uap air panas, guys. Pasalnya panas dari uap yang terhirup bisa memecah lendir di paru-paru sehingga proses bernafas jadi lebih mudah.

Tapi ingat, jangan menghirup uap air yang baru mendidih ya, yang ada kamu akan melepuh kena uapnya.

6. Konsumsi Jahe Segar

1602208664-manfaat-jahe.jpgSumber: Jahe (Freepik)

Jahe bisa jadi solusi untuk mengatasi sesak nafas loh. Soalnya dalam bumbu dapur ini ada sifat antioksidan dan antiperadangan yang baik untuk melawan virus syncytial, yang mana merupakan penyebab infeksi saluran pernapasan. So, cocok banget jadi solusi untuk penderita asma. 

7. Minum Kopi Hitam

1632297358-cium-kopi.jpgSumber: Ilustrasi mencium kopi. (Unsplash/Battlecreek Coffee Roasters)

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa meredakan gejala sesak nafas karena membantu melemaskan otot-otot di saluran pernafasan. Tapi ingat ya, jangan konsumsi kopi hitam secara berlebihan. Mengonsomsinya berlebihan jutsru akan membuat jantung berdetak kencang. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait