Hot News

Jakarta - Saat melakukan aktivitas, kamu merasa kesal nggak sih saat pakaian kesayanganmu terkena noda yang membandel? Apalagi jika kamu sedang memakai pakaian warna putih atau terang. Pasti kamu akan merasa terlihat kumel dan langsung mencari cara menghilangkan noda di pakaian secara efektif.

Menghilangkan noda pada pakaian merupakan tugas yang merepotkan. Tetapi nggak perlu khawatir, tanpa penanganan binatu (laundry), kamu bisa mencoba beberapa trik yang bisa ngebantu menghilangkan noda pada pakaian kamu.

Dengan menggunakan bahan-bahan yang disebutkan dibawah ini, kamu bisa dengan mudah menghilangkan noda tersebut loh!

1. Garam

1596013109-garam.pngIlustrasi garam. (freeimages.com)

Salah satu cara paling mudah dan sederhana adalah dengan menggunakan garam. Kamu hanya tinggal mengoleskan garam pada noda pakaian dan gosok dengan lembut menggunakan tisu basah. Kamu bisa melakukannya sambil berulang kali sampai noda tersebut menghilang.

2. Penghilang Cat Kuku

Kamu mungkin sering menggunakan penghapus cat kuku untuk menghapus kuteks dari kuku kamu. Tapi ternyata penghilang cat kuku juga bisa digunakan sebagai penghilang noda pada pakaian kamu.

Kamu hanya perlu mengoleskannya pada titik noda menggunakan kapas. Setelah noda hilang, cucilah kembali pakaianmu untuk memastikan pakaian sudah bebas dari noda.

3. Tepung Jagung

Bahan ini sangat mudah ditemukan, kamu bisa ambil saja dari dapur kamu dan dapat menggunakannya untuk menghilangkan noda dari makanan atau tinta. Caranya hanya dengan mencampur sedikit susu dan tepung jagung sampai membentuk seperti adonan pasta.

Lalu tinggal oleskan adonan tersebut ke noda pada pakaian kamu. Biarkan adonan tersebut menempel di pakaian dan menjadi kering. Setelah mengering, kamu bisa menyikatnya dari pakaian kamu.

4. Susu

1596013282-susu.pngIlustrasi susu. (freeimages.com)

Kamu bisa juga memanfaatkan susu sebagai penghilang noda. Susu mempunya elemen lipofilik yang dapat melarutkan elemen lain dalam lemak dan cairannya.

Yang perlu kamu lakukan hanyalah merendam pakaian selama beberapa menit dengan cairan susu, lalu menggosok noda secara perlahan, kemudian bilas dan bersihkan pakaian dengan air dingin.

5. Hair Spray

Hair Spray juga bisa mengangkat noda dari pakaian kamu. Hanya dengan menyemprotkan hair spray dan tunggu selama beberapa menit sampai noda terangkat.

6. Cuka

Cuka bisa jadi penyelamat lain bagi kamu dalam menghilangkan noda pada pakaian. Buat adonan dengan mencampurkan 3 sendok tepung jagung dan 2 sendok cuka.

Pertama, tuangkan sedikit cuka pada noda di pakaian, lalu kamu bisa mengoleskan adonan tadi dan biarkan sampai mengering. Setelah itu bilas dan cuci kembali pakaian kamu.

7. Sabun Cuci Piring

Jika cuka bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan noda di pakaian berwarna putih, sabun cuci piring merupakan cara menghilangkan noda di pakaian berwarna. Caranya hanya dengan mengoleskan cairan sabun cuci piring ke noda dan biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas lalu cuci seperti biasa.


Loading ..