beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

7 Mitos Seputar Jodoh yang Masih Banyak Diyakini Masyarakat

7 Mitos Seputar Jodoh yang Masih Banyak Diyakini Masyarakat
Image: Ilustrasi pasangan putus cinta (Freepik/gpoint_studio)

Jakarta - Urbanreaders pasti sudah pernah mendengar bahwa mitos-mitos yang berkembang di zaman dulu memiliki makna tersendiri dan akan menimbulkan konsekuensi jika ada seseorang yang melanggarnya.

Bahkan mitos seputar jodoh masih banyak yang dipercaya hingga saat ini. Jumlahnya pun tidak hanya satu, namun ada beberapa yang hingga kini masih diyakini bahwa mitos tersebut memang benar adanya.

Berikut beberapa mitos yang masih diyakini kebenarannya.

1. Perempuan yang Menyapu Tidak Bersih akan Mendapat Suami Brewokan

Meski terdengar tidak logis, namun pada kenyataannya banyak orang yang mempercayai mitos ini. Zaman dahulu, orang tua selalu mengatakan mitos ini kepada anak gadisnya supaya mereka menyapu dengan bersih. Namun jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya mitos ini mengandung sebuah nasihat agar anak perempuannya menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas.

2. Duduk di Depan Pintu Bisa Membuat Sulit Jodoh

Tidak diketahui pasti kapan mitos ini mulai berkembang hingga masih dipercaya sampai saat ini. Anak perempuan selalu diingatkan untuk tidak duduk di depan pintu lantaran akan menyebabkan sulit jodoh. Sama seperti sebelumnya, bahwa nasihat yang sebenarnya ingin disampaikan lewat mitos ini adalah karena tidak etis untuk duduk di depan pintu karena akan mengganggu lalu-lalang orang yang ingin lewat.

3. Memberi Hadiah Baju ke Pacar Bisa Bikin Cepat Putus

Mitos ini sangat populer hingga kini, terutama di kalangan anak muda. Tak sedikit yang masih mempercayai bahwa mitos ini adalah nyata. Hingga akhirnya banyak yang sangat menjaga pantangan tersebut jika ingin hubungannya langgeng. Hal ini dikaitkan dengan gambaran baju yang warnanya bisa luntur, begitu pun dalam sebuah hubungan jika salah satunya memberi baju akan memudarkan rasa cinta juga dari waktu ke waktu.

4. Menolak Lamaran akan Susah Dapat Jodoh

Hingga kini, masih banyak yang mempercayai mitos bahwa jika menolak lamaran dari seseorang akan berakibat pada jodoh yang seret atau jodoh yang tak kunjung datang. Memang benar bahwa soal perasaan tidak bisa dipaksakan, namun jika dipikir lagi, mitos ini mengajarkan kita untuk berusaha menghargai usaha dari orang lain.

5. Mendapat Bunga Pengantin Tanda akan Segera Menyusul Menikah

Sudah menjadi suatu tradisi bahwa dalam rangkaian acara pernikahan akan ada sesi melempar bunga dari sepasang pengantin ke tamu undangan. Banyak yang menyakini bahwa jika seseorang berhasil menangkap lemparan bunga tersebut, merupakan pertanda bahwa akan segera menyusul ke pelaminan. Mitos ini masih langgeng hingga sekarang karena masih bisa kita jumpai di banyak resepsi pernikahan.

6. Pasangan yang Mirip Berarti Jodoh

Kamu pasti sering menjumpai teman atau orang lain yang memiliki pasangan dengan wajah yang begitu mirip. Yang terlintas pertama kali di pikiran pasti kedua orang tersebut akan berjodoh hingga ke jenjang pernikahan.

Namun ternyata mitos ini tidak semata-mata cerita bohong belaka. Menurut seorang psikolog asal Universitas Michigan, Robert Zajonc, menyebutkan bahwa hasil analisisnya terhadap foto-foto pasangan yang diambil saat masih menjadi pengantin baru, dengan setelah menikah selama 25 tahun membuktikan bahwa semakin lama pasangan bersama, memang semakin mirip satu sama lain.

7. Sesama Anak Sulung Tidak Disarankan untuk Menikah

Mitos tentang jodoh ini mungkin sudah sering kamu dengar sebelumnya. Hal ini masih dipercaya jika sesama anak sulung menikah, potensi konflik untuk muncul akan lebih besar daripada pasangan lain. Banyak yang mengiyakan mitos ini karena karakter anak sulung memiliki ego yang tinggi, sehingga ketika sesama anak sulung menikah dianggap bahwa tidak akan ada yang mengalah satu sama lain.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait