Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

7 Tips Merawat Bunga di Vas Tetap Segar dan Tahan Lama

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Tips Merawat Bunga di Vas Tetap Segar dan Tahan Lama
Image: Ilustrasi bunga. Sumber: Pixabay/bellostar

Jakarta - Bunga adalah salah satu pilihan tepat untuk kamu yang ingin menghias rumah ataupun sudut ruangan favoritmu. Selain memperindah, meletakkan bunga segar di rumah juga bisa mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, dan banyak lagi manfaat lainnya untuk tubuh kita.

Urbanreaders pasti tahu kalau bunga-bunga potong rangkaian itu tak bisa bertahan selamanya, butuh perawatan khusus agar mereka tetap segar dan tidak cepat layu. Berikut tujuh tips merawat bunga di vas agar kesegarannya tetap terjaga dan lebih tahan lama seperti yang Urbanasia rangkum dari berbagai sumber.

1. Pastikan Menerima Bunga yang Masih Segar

Entah membeli atau mendapat hadiah dari seseorang, jika ingin bunga tetap segar maka pastikan bunga yang kamu terima masih dalam keadaan segar sebelum dipindahkan ke vas. 

Melansir dari YouTube Anastasia Florist, kita bisa mengetahui kesegaran bunga dari beberapa penampakan fisiknya. Pertama kelopaknya masih keras dan tidak ada yang layu.

"Daun juga masih segar, sampai ke bawah dan batang di bagian bawah juga masih keras atau tidak membusuk, tidak terkihat kekuningan," jelasnya seperti dikutip Urbanasia, Minggu (29/8/2021).


2. Potong Batang Bagian Bawah dengan Cara Miring

Melansir dari ProFlowers, memotong batang bunga yang tepat bisa membantu bunga rangkaianmu lebih tahan lama. Nah cara yang tepat itu adalah dengan memotong satu sampai dua inci batang bagian bawahnya secara miring.

Memotong dengan cara miring bisa membuat bungamu punya area yang lebih luas untuk menyerap air. Sehingga asupan air yang didapatkan bungamu akan lebih baik daripada dipotong dengan cara yang rata.  

Namun jangan lupa untuk memotongnya secara berkala. Kamu bisa melakukannya bersamaan dengan jadwalmu mengganti air dalam vas. 


3. Pastikan Vas dalam Keadaan Bersih

1630214888-flowers---pixabay---Up-Free.jpegSumber: Ilustrasi bunga. Sumber: Pixabay/Up-Free

Kamu boleh menaruh bunga di vas berisi air setelah memotongnya. Namun jangan asal-asalan, pastikan vas yang kamu gunakan sudah dalam keadaan bersih.

Vas yang kotor akan membuat bungamu cepat layu. Sebab bakteri yang tertinggal di vas yang kotor bisa berkembang dengan cepat dan memicu proses pembusukan. Nggak mau kan hal itu sampai terjadi?


4. Perhatikan Air yang Kamu Gunakan

Kristin Schleiter, kurator senior di Kebun Raya New York dalam artikel Consumer Reports pernah menyarankan untuk menggunakan air bersuhu ruangan untuk merawat bunga dalam vas.

Namun ada pengecualian nih guys. Ia menyarankan kamu menggunakan air di bawah suhu kamar untuk merawat bunga yang mekar dari umbi dan berbunga selama bulan-bulan dengan suhu lebih dingin seperti tulip.

Sedangkan kalau kamu ingin membuat bunga yang masih kuncup segera mekar, maka gunakan air hangat untuk membantunya cepat mekar.


5. Ganti Air dalam Vas Secara Berkala

Untuk air sendiri, disarankan untuk memasukkan secukupnya dan jangan terlalu banyak. Selain itu, air juga harus diganti secara berkala sambil memotong bagian bawah batang bunga.

Kamu pun bisa menentukan jadwal ganti air untuk bunga, misalnya dua hari sekali. Hal ini akan membantu bungamu tetap segar setiap harinya.


6. Tambahkan Bahan Ini untuk Campuran Air

Ada cara lainnya untuk membantu bunga lebih tahan lama , misalnya menambahkan beberapa bahan tertentu ke dalam air rendaman bungamu. Beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan untuk campuran antara lain soda, cuka apel, vodka, aspirin, gula, perasan jeruk lemon, hingga pemutih pakaian. 

Namun hati-hati ya guys. Penggunaannya jangan berlebihan. Untuk satu liter air, kamu bisa menggunakan tiga tetes cuka atau perasan jeruk lemon. Sementara untuk vas kecil, kurangi jadi satu tetes saja.

7. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Lebih baik hindari menyimpan bunga di lokasi yang dapat paparan sinar matahari secara langsung. Sebab jika terlalu panas bungamu akan lebih cepat layu.

Sehingga saran terbaik adalah dengan meletakkannya di suhu ruangan dan hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, itu dia guys tips agar bunga segar yang kamu rangkai tetap segar dan lebih tahan lama. Semoga bermanfaat!

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait