beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

AKBP Raden Brotoseno Diberhentikan dengan Tidak Hormat

William Ciputra,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
AKBP Raden Brotoseno Diberhentikan dengan Tidak Hormat
Image: AKBP Raden Brotoseno (YouTube Siber TV)

Jakarta - Nasib Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Raden Brotoseno sudah diputuskan. AKBP Raden Brotoseno disanksi berupa pemberhentian dengan tidak hormat (PTDH) oleh Sidang Komisi Kode Etik Polri Peninjauan Kembali (KKEP PK). 

Kabagpenum Divisi Humas Polri, Kombes Nurul Azizah menerangkan, putusan KKEP PK ini memberatkan hasil sidang etik AKBP Raden Brotoseno sebelumnya yang digelar pada Oktober 2022. 

Diketahui, dalam putusan sidang etik tersebut Brotoseno diberi sanksi administrasi berupa demosi dan permintaan maaf kepada atasan. 

“Hasil dari sidang KKEP PK yang dilaksanakan 8 Juli 2022 pukul 13.30 WIB memutuskan untuk memberatkan putusan sidang komisi etik Polri Nomor PUT/72/X/2020 tanggal 13 Oktober 2020 menjadi sanksi administrasi berupa PTDH,” kata Nurul kepada wartawan, Kamis (14/7/2022). 

Nurul menerangkan, dengan putusan ini Brotoseno diberhentikan sebagai anggota Polri. Adapun putusan itu tertuang dalam PUT KKEP PK/I/VII/2022. 

Berikutnya, Sekretariat KKEP PK akan mengirimkan putusan tersebut ke Bagian SDM Polri untuk ditindaklanjuti. 

“Dan untuk keputusan (KEP) PTDH-nya belum ada,” tandas Nurul. 

Diketahui, AKBP Raden Brotoseno menjadi sorotan Indonesia Corruption Watch (ICW) yang mendesak Kapolri untuk menjelaskan status yang bersangkutan yang diketahui aktif kembali di Polri. 

Padahal, Brotoseno sudah pernah divonis bersalah dalam kasus korupsi, yaitu menerima hadiah atau janji sebesar Rp 1,9 miliar dalam penyidikan tipikor cetak sawah di daerah Ketapang, Kalimantan Barat 2016. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait