beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Apa Itu PayPal dan Bagaimana Cara Daftarnya?

Priscilla Waworuntu,
13 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Apa Itu PayPal dan Bagaimana Cara Daftarnya?
Image: Pexels/Brett Jordan

Jakarta - Perkembangan zaman membuat semua hal jadi serba digital, termasuk uang dan sistem pembayaran. Di Indonesia kita mungkin tak asing dengan sistem pembayaran GoPay, ShopeePay, OVO, LinkAja, dan lain sebagainya. Tapi pernahkan kamu dengar soal PayPal?

PayPal juga sama-sama merupakan sistem pembayaran online. Bedanya, PayPal berbasis di Palo Alto, Amerika Serikat, dan bisa digunakan sebagai media transaksi antar-negara.

Beberapa waktu lalu PayPal sempat jadi trending topic di Twitter karena sempat diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) terkait Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). Pemblokiran ini sempat diprotes publik sebab banyak dari mereka yang menyimpan uang dan dapat upah via lewat PayPal. Beruntung, PayPal kini sudah bisa diakses bebas lagi di Indonesia.

Lantas Apa Itu PayPal?

PayPal adalah sistem pembayaran online yang membuat pembayaran barang secara online dan pengiriman serta penerimaan uang menjadi aman dan terjamin. Saat kamu menghubungkan atau menautkan rekening bank, kartu kredit, atau kartu debit ke akun PayPal, kamu juga bisa menggunakan PayPal untuk melakukan pembelian online dengan toko yang sama-sama menggunakan PayPal. PayPal berfungsi sebagai perantara antara bank rekeningmu dan pedagang dan menjaga keamanan informasi pembayaranmu. 

Jumlah pengguna PayPal pada tahun 2021 mencapai 377 juta orang dan makin bertambah seiring waktu karena sistem pembayaran ini banyak diadopsi oleh perusahaan di banyak negara. Lantas apa sih manfaat PayPal sampai penggunanya bisa sebanyak itu? Simak ulasan Urbanasia di bawah ini:

1. Melayani Transaksi di Seluruh Dunia 

Hingga saat ini, PayPal menjadi platform favorit bagi para pengusaha maupun berbisnis. Hal ini dikarenakan kemudahannya dalam bertransaksi baik dalam negeri maupun luar negeri, menjadikan PayPal memiliki poin plus tersendiri. 

2. Fleksibel Bagi Penjual 

Penjual yang berjualan secara online bahkan yang melayani penjualan hingga ke luar negeri akan sangat tertolong dengan adanya platform PayPal. Hal ini karena cepatnya menerima dan mengirim uang dari dalam negeri maupun ke luar negeri, sangatlah menguntungkan bagi penjual online. Mereka bisa saja sambil melayani dengan membalas chat pembeli dan uang yang diberikan oleh pembeli lain bisa langsung masuk ke rekeningnya. 

3. Biaya Admin Terjangkau 

Mungkin kamu akan bertanya-tanya jika mengirim barang ke luar negeri saja biaya yang harus dikeluarkan pasti akan sangat mahal, lalu apakah dengan menggunakan PayPal juga akan berlaku? Untungnya dengan PayPal, biaya admin yang mereka berikan terbilang cukup terjangkau, yaitu $30 sen atau setara dengan Rp 4 ribu per transaksi kemudian ditambah 3 persen dari jumlah total transaksi. 

4. Memiliki Jaminan Baik untuk Penjual maupun Pembeli 

Jika kamu bertransaksi di PayPal, ternyata PayPal memberikan jaminan secara cuma-cuma. Jaminan ini berlaku untuk kedua belah pihak, sehingga kasus terjadinya sebuah penipuan akan sangat kecil kemungkinannya.

Bagi pembeli, mereka dapat menghubungi PayPal apabila terjadi masalah terhadap pesanannya, seperti tidak sesuai ataupun barang tidak sampai dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Bagi penjual sendiri, PayPal sangat aman karena mereka tidak perlu takut penipuan yang akan dilakukan oleh pembeli, karena hal tersebut dihindari oleh PayPal.

5. Cepat 

Untuk kamu yang lagi butuh transaksi dengan cepat mungkin menggunakan PayPal bisa menjadi salah satu solusinya. Apalagi transaksi yang kamu lakukan ini dilakukan antar negara. PayPal menyediakan layanan untuk melakukan transaksi hanya dalam kurun waktu dalam 24 jam. 

Cara Membuat Akun PayPal 

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu berminat buat akun PayPal? Jika iya, simak nih langkah membuat akun PayPal. Sebelum itu, pastikan kamu sudah berumur 18 tahun dan memiliki kartu kredit ataupun kartu debit dengan jenis visa ya.

- Buka website atau aplikasi Paypal yang sudah kamu download. Setelah itu kamu pilih opsi sign up.

- Selanjutnya kamu akan diberikan 2 opsi, yaitu akun pribadi atau akun bisnis. Pilihan ini bebas, tetapi kalau kamu memang menjalankan bisnis atau sekedar hanya menjadi pembel, kamu bisa pilih akun pribadi. 

- Setelah itu, kamu nantinya akan diminta untuk mengisi beberapa data diri, tekait nama, password, alamat email dan lain sebagainya. 

- Selanjutnya kamu juga akan diminta untuk mengisi data alamat lengkap. Di sini kamu bisa menulis dimana kamu tinggal, kewarganegaraanmu apa, dan lainnya. Setelah diisi lengkap, klik di kotak kedua untuk mengkonfirmasi bahwa kamu telah memahami dan membaca perjanjian user.

- Kemudian, setelah sudah kamu juga akan diberikan opsi apakah ingin berbelanja online atau mengirimkan uang kepada orang lain. Hal ini juga bebas kamu pilih, tergantung kebutuhan apa yang ingin kamu lakukan. 

- Jika tadi kamu memilih menu untuk berbelanja, pastikan untuk memasukkan data kartu debit atau kartu kredit yang kamu gunakan. 

- Mulailah bertransaksi. 

Itu dia penjelasan mengenai PayPal, selamat mencoba.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait