beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 220 Juta Orang

Shinta Galih,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
APJII: Pengguna Internet di Indonesia Tembus 220 Juta Orang
Image: Ilustrasi layanan internet. (Freepik/rawpixel)

Jakarta - Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap pertumbuhan pengguna internet di Tanah Air. Hingga kini tercatat pengguna internet di Indonesia tembus 220 juta orang.

"Pertumbuhan ini sangat fantastis. Sebelum pandemi angkanya hanya 175 juta, saat ini data terbaru APJII sekitar 220 juta. Tentunya efek pandemi ini sangat membawa dampak signifikan penggunaan internet di Indonesia," kata Ketua Umum APJII Muhammad Arif dalam keterangannya yang dikutip Jumat (10/6/2022). 

Jumlah pengguna internet yang besar ini memungkinkan masyarakat memanfaatkan produk inovasi dan disrupsi digital, seperti video conference, e-learning, video streaming, e-commerce, dan lain-lainnya.

Selain itu, perkembangan penetrasi pengguna internet juga semakin baik dan merata di tingkat provinsi. Provinsi di Pulau Jawa masih menempati posisi tertinggi dalam penetrasi pengguna internet.

"Akan tetapi, provinsi-provinsi di berbagai pulau juga mengalami kenaikan, bahkan tumbuh signifikan. Pencapaian ini tentunya ditopang oleh perluasan jangkauan infrastruktur internet, pertumbuhan sumber daya manusia digital, peningkatan literasi digital, dan adopsi layanan aplikasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)," kata Arif

DKI Jakarta menjadi yang tertinggi dengan persentase 83,39 persen. Sementara yang terendah adalah provinsi Sulawesi Barat dengan persentase 57,58 persen.

Arif berharap ketersediaan internet di seluruh Indonesia semakin merata, sebab, teknologi digital akan berpengaruh terhadap industri digital, ekonomi digital, dan sektor lainnya.

Jika infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi semakin merata, semakin banyak wilayah di Indonesia yang akan bisa tersambung ke internet. Investor, menurut Arif, akan melihat bahwa Indonesia siap.

"Pemerataan infrastruktur internet juga akan berdampak pada investasi bidang lain," kata Arif.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait