menu
user
URedu

Asyik! Kampus Dibuka Mulai Juli 2021

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asyik! Kampus Dibuka Mulai Juli 2021
Image: Kampus Universitas Indonesia. (ui.ac.id)

Jakarta - Pembelajaran tatap muka di perguruan tinggi di seluruh Indonesia bakal dibuka pada Juli 2021.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Paristiyanti Nurwardani.

Namun, pembelajaran tatap muka harus melalui beberapa syarat, yakni setelah mahasiswa dan dosen mendapat vaksinasi COVID-19.

Kemudian pembelajaran tatap muka hanya berlaku bagi mahasiswa yang sedang menjalankan praktik kompetensi dan finalisasi tugas akhir.

Keputusan pembelajaran tatap muka juga tergantung pada keputusan masing-masing perguruan tinggi.

Pembelajaran tatap muka pun sebenarnya berdasarkan kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Penyesuaian SKB Empat Menteri yang diumumkan tanggal 20 November 2020 tersebut memuat panduan lengkap PTM semester genap tahun ajaran 2020/2021 dan tahun akademik 2020/2021 mulai dari tahapan perizinan, prosedur yang harus dipenuhi, hingga prasyarat dan protokol kesehatan yang wajib dijalankan.

"Ya, kampus dibuka pada bulan Juli 2021 sesuai SKB Empat Menteri," ujar Paristiyanti.

Sementara itu, sesuai arahan presiden, pemberian vaksin COVID-19 pada tahap dua, diprioritaskan kepada pelayan publik, termasuk di antaranya para pendidik dan tenaga kependidikan (PTK).

Vaksinasi COVID-19 diberikan bagi PTK seluruh jenjang pendidikan secara bertahap, dimulai dari PTK pada jenjang PAUD/RA/sederajat, SD/MI/sederajat, dan SLB. Kemudian dilanjutkan SMP, MTs, SMA, MA, SMK, hingga ke perguruan tinggi dan sederajat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait