beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Ayu Kartika Dewi, Stafsus Jokowi Wakili Indonesia di Obama Foundation Leaders Asia-Pasific 2022

Eronika Dwi,
18 November 2022 14.07.33 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ayu Kartika Dewi, Stafsus Jokowi Wakili Indonesia di Obama Foundation Leaders Asia-Pasific 2022
Image: Ayu Kartika Dewi. (Instagram @ayukartikadewi)

Jakarta - Staf Khusus Presiden (SKP) Ayu Kartika Dewi terpilih mewakili Indonesia sebagai salah satu Obama Leaders bersama 34 pemimpin muda lainnya dalam program Obama Foundation Leaders Asia-Pacific 2022.

Para Obama Leaders terpilih berasal dari 23 negara dan berbagai latar belakang berbeda baik sektor publik, swasta, maupun non-profit, memiliki kiprah yang berdampak positif dalam advokasi yang dilakukan, serta berkapasitas untuk menginspirasi lebih banyak praktik baik dalam lingkup pengaruhnya.

Isu yang diangkat para Obama Leaders ini juga sangat beragam, seperti perubahan iklim, hak asasi kelompok masyarakat adat, pendidikan, dan sebagainya.

Terpilihnya Ayu pada program ini merupakan bentuk apresiasi dunia terhadap kiprah positifnya dalam advokasi isu keberagaman dan perdamaian.

Diketahui, Ayu secara aktif berkolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari pemerintah nasional dan lokal, komunitas, anak muda, pihak swasta, dan publik dalam mendorong terwujudnya berbagai inisiatif untuk mendukung upaya merajut perdamaian serta toleransi di Indonesia.

Selain itu, Ayu juga merupakan Managing Director di Indika Foundation, sebuah organisasi yang mendorong perdamaian melalui pemberian hibah dan pelatihan pendidikan.

Ayu merupakan pendiri berbagai organisasi dan gerakan, seperti SabangMerauke, Toleransi.id, Merancang Indonesia, Milenial Islami, dan Perempuan Gagal.

Ia pun merupakan penerima Keller Scholarship dan Fulbright Scholarship, dan telah mendapatkan gelar Master of Business Administration dari Universitas Duke, Amerika Serikat.

Bersama para Obama Leaders lainnya, Ayu terbang ke New York untuk menghadiri berbagai rangkaian program, termasuk Democracy Forum yang diselenggarakan untuk pertama kalinya oleh Obama Foundation.

Forum yang berlangsung selama dua hari ini dibuka dengan menampilkan sambutan dari Presiden Obama, penyampaian singkat dari para ahli, dan sesi diskusi antara Obama Leaders terpilih dengan para pakar mengenai bagaimana langkah untuk memperkuat dan memperluas demokrasi di seluruh dunia.

"Semoga saya dan Obama Leaders lainnya dapat berkolaborasi membuat perubahan nyata, khususnya dalam mendorong perdamaian dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi yang bertanggung jawab," pungkas SKP yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo ini. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait