Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Banyak Orang Indonesia Kurang Konsumsi Serat, Ini Solusinya!

Elga Nurmutia,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Banyak Orang Indonesia Kurang Konsumsi Serat, Ini Solusinya!
Image: Fibe Mini, minuman kaya akan serat. (Instagram @fibeminiid)

Jakarta - Sejumlah masyarakat di Indonesia kurang dalam mengonsumsi serat setiap harinya. Hal itu disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang. Padahal, dianjurkan untuk mengonsumsi serat sebanyak 30 gram setiap harinya. 

“Namun, pada faktanya, ditemukan bahwa 95% orang Indonesia tidak cukup mengonsumsi serat setiap harinya, akibat dari pola makan yang kurang seimbang. Rata-rata hanya mengonsumsi 8 gram dari anjuran seharusnya 30 gram/hari,” ujar Stephanie Lisman selaku Head of Marketing Supplement PT Amerta Indah Otsuka, dalam acara virtual, Kamis (9/9/2021). 

Dalam mengatasi hal tersebut, Amerta Indah Otsuka hari ini secara resmi meluncurkan produk terbarunya, yakni Fibe Mini. Fibe Mini ini merupakan minuman kaya serat dengan konsep Ready to Drink (RTD) pertama di Indonesia. Fungsinya untuk membantu memenuhi kebutuhan serat harian, guna menjaga kesehatan pencernaan.

“Fibe Mini menjadi salah satu inovasi terbarunya. Dalam menggali potensi pasar yang ada, Otsuka menyadari bahwa salah satu kandungan yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita adalah serat,” lanjutnya.

Selain itu, menurut Marya Haryono selaku dokter spesialis gizi, manfaat serat itu sangat penting bagi tubuh manusia. Hal itu untuk menjaga proses pencernaan yang baik hingga menjaga fungsi jantung yang sehat.

“Manfaat serat bagi tubuh manusia sangat penting, diantaranya adalah membantu menjaga proses pencernaan yang baik, membantu kendalikan kadar gula darah, memberikan rasa kenyang, membantu mengendalikan kadar kolesterol sehingga secara tidak langsung menjaga fungsi jantung yang sehat. Serat yang cukup juga akan membantu kerja bakteri baik,” ujar Marya Haryono, Dokter spesialis gizi.

Mengongsumsi serat dengan rutin juga akan membantu mengurangi risiko terkena usus besar. Namun, masih banyak orang yang kurang mengongsumsi serat sesuai dengan yang dianjurkan. 

“Jika dikonsumsi rutin sebagai bagian dari asupan nutrisi sehari-hari, maka serat juga membantu mengurangi risiko kanker usus besar. Namun sayangnya konsumsi serat sebagian orang belum terpenuhi sesuai yang dianjurkan,” tegasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait