beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Belum Ada Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Masih Periksa Saksi

Ardha Franstiya,
9 November 2022 15.17.32 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Belum Ada Tersangka Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Masih Periksa Saksi
Image: Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Nurul Azizah. (Tribratanews Polri)

Jakarta - Sejauh ini, Bareskrim Polri belum menetapkan status tersangka terkait dugaan adanya unsur tindak pidana dalam penyelidikan kasus gagal ginjal akut di Indonesia.

Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah mengungkapkan bahwa penyidik masih terus memeriksa saksi-saksi dan penelusuran dokumen izin edar serta penggunaan bahan baku.

"Penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi terkait dengan dokumen penjualan dan penyebaran bahan baku," ujar Nurul Azizah di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Rabu (9/11/2022).

Selain pemeriksaan saksi, Nurul mengatakan penyidik telah menerima dan memeriksa sampel dari korban ginjal akut. Mulai dari obat, urine, dan darah.

"Sampai dengan saat ini pusat laboratorium forensik Polri telah menerima 175 sampel kasus gagal ginjal akut yang terdiri dari obat, urine, dan darah," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri masih mendalami dugaan tindak pidana dalam kasus gagal ginjal akut yang menewaskan ratusan anak. Terkini, penyidik telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga perusahaan farmasi.

"Sebetulnya ada tiga (perusahaan). Sementara ini ada tiga, kan kita mendasari dari obat-obatan produk yang memproduksi itu siapa," ungkap Dirtipidter Bareskrim Polri, Brigjen Pol Pipit Rismanto kepada wartawan, Senin (31/10/2022).

Menurut Pipit, dua dari tiga perusahaan yang tengah didalami tersebut merupakan bagian dari rekomendasikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Iya satu (perusahaan) tambahan. Nanti kepolisian yang akan merilis tambahannya. Sedang dalami dulu, mohon sabar ya pasti dapat nih nanti kita transparan," terangnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait