Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Bisakah Air Kelapa Perkuat Daya Tahan Tubuh? Berikut Faktanya

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bisakah Air Kelapa Perkuat Daya Tahan Tubuh? Berikut Faktanya
Image: Air kelapa. (Pixabay/Gadini)

Jakarta - Di masa pandemi, banyak orang mengonsumsi makanan atau minuman tertentu demi meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya adalah air kelapa.

Sejak sebelum pandemi, air kelapa sering dikonsumsi karena enak, menyegarkan, dan punya banyak khasiat. Tapi apakah benar air kelapa bisa meningkatkan daya tahan tubuh?

Pakar farmakologi dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. dr. Purwantyastuti menjelaskan khasiat utama air kelapa adalah mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh.

“Tubuh yang kekurangan cairan dengan sendirinya menjadi tidak sehat. Kekurangan cairan otomatis akan menimbulkan masalah pada reaksi-reaksi kimia di semua sistem tubuh, termasuk sistem imun. Rasanya yang lezat dan menyegarkan, membuat air kelapa mudah diminum orang yang sedang sakit, otomatis cairan tubuhnya kembali dan mendorong pemulihannya. Hal ini mungkin yang menyebabkan orang menghubungkan air kelapa dengan kekebalan tubuh,” ungkap Prof Tuti dalam rilis yang diterima Urbanasia, Kamis (19/8/2021). 

Air kelapa maupun cairan lainnya begitu di dalam tubuh menjadi bagian dari darah yang berfungsi membawa oksigen ke sel-sel tubuh, yang diperlukan sistem kekebalan dan sistem-sistem lainnya di dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. 

Cairan yang cukup di dalam tubuh juga diperlukan agar sistem dalam tubuh dapat bekerja dengan baik dalam menghilangkan racun dari tubuh. Dengan demikian, minum lebih banyak dapat membantu mencegah racun yang menumpuk dan berdampak negatif pada sistem tubuh termasuk sistem imun. 

“Hal ini juga yang dipraktikkan di pengobatan tradisional. Di beberapa tempat di Indonesia, yang saya tahu, ada kepercayaan untuk minum air kelapa pada saat diare. Praktik ini bisa tepat bila tujuannya memang mengganti cairan yang hilang. Lalu ada juga yang mengonsumsinya saat demam. Untuk apa? Salah satu cara menurunkan demam adalah rehidrasi atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Jangan sampai orang demam berada dalam kondisi dehidrasi, karena dehidrasi sendiri akan memperparah demam. Jadi berdasarkan local wisdom, ternyata air kelapa digunakan manfaatnya untuk mengatasi dehidrasi,” papar Prof. Tuti.

Mengonsumsi air  kelapa rupanya juga bisa melengkapi asupan beberapa nutrisi penting, termasuk mineral yang seringkali tidak dikonsumsi dalam kadar yang cukup. 5% dari kandungan air kelapa merupakan sumber alami dari beberapa mineral penting.

Meski air kelapa bisa mengatasi dehidrasi, namun Prof Tuti mengingatkan agar air kelapa tidak dikonsumsi untuk memenuhi seluruh kebutuhan air per hari. 

"Sebaiknya jangan sampai air kelapa digunakan untuk memenuhi seluruh kebutuhan air dalam sehari (8-10 gelas). Jika diminum tiap hari sebaiknya dibatasi secukupnya saja, misal satu-dua gelas, karena kandungan Kalium dapat menjadi masalah bila kadarnya dalam tubuh terlalu tinggi, karena zat ini akan didapat juga dari makanan. Kalium yang terlalu tinggi dapat mengganggu fungsi jantung. Namun jangan khawatir, selama diminum tidak berlebihan, air kelapa tidak akan menimbulkan masalah kesehatan,” tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait