beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Bolehkah Anak Diberi Obat Batuk Dewasa? Ini Penjelasan Dokter 

Griska Laras,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bolehkah Anak Diberi Obat Batuk Dewasa? Ini Penjelasan Dokter 
Image: Obat batuk/istimewa

Jakarta – Flu dan batuk sudah menjadi penyakit yang umum yang dialami anak-anak. Batuk sendiri merupakan refleks alami tubuh untuk mencegah benda asing masuk ke saluran napas. Meski demikian, batuk tidak boleh disepelekan karena akan mengganggu aktivitas si kecil. Bahkan bisa memicu sesak napas bila dibiarkan. 

Memilih obat batuk untuk anak juga tidak boleh sembarangan. Dokter Umum di RS Randegansari Husada, Wenata Utama Solaiman, menjelaskan bahwa kebutuhan kandungan obat batuk untuk anak dan dewasa berbeda. 

Obat batuk dewasa umumnya mengandung zat kodein dan dekstrometorfan yang menghambat refleks batuk. Jika diberikan untuk anak, maka akan lendir akan menumpuk dan menghambat saluran napas serta memicu sesak. 

“Dosis obat batuk dengan jenis yang sama berbeda kebutuhan antara dewasa dan anak-anak. Takaran obat untuk anak berbeda karena ditentukan oleh berat badan anak, sehingga jika tidak sesuai, bisa menyebabkan overdose dan underdose. Pada orang dewasa, lebih aman sesuai dengan berat badan universal," jelas Wenata. 

Tapi dengan adanya perkembangan di bidang farmasi, anak-anak kini bisa mengonsumsi obat batuk dewasa dengan dosis yang disesuaikan.  Salah satu obat batuk yang bisa dikonsumsi dewasa  dan anak sekaligus adalah PIM-TRA- KOL. Obat jenis sirup produksi Pharmaceuticals ini  diformulasikan untuk meringankan batuk, pilek dan influenza. 

"Produk ini sudah dikenal sebagai obat batuk pilek dan influenza yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak.  PIM-TRA-KOL mengandung zat aktif paracetamol, guaifenesin, ephedrine HCL, dan chlorphenamine maleate yang bisa meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin disertai batuk. 

“Selain obat batuk untuk semua usia, ada juga seri PIM-TRA-KOL kids untuk anak, bedanya untuk yang seri PIM-TRA-KOL kids membantu meredakan batuk dan demam. Sesuai dosis yang tepat akan mempercepat penyembuhan” kata Bambang Rijanto selaku Quality Manager PT. PIM Pharmaceuticals.

Lebih lanjut, Wenata menjelaskan bahwa menjaga pola makan juga perlu dilakukan. Tujuannya, untuk mempercepat proses pengobatan. 

“Hindari jenis makanan yang mengandung zat-zat iritatif bagi mukosa tenggorokan dan kelenjar reflek batuk. Contohnya adalah micin dan zat pewarna yang keras," pungkas Wenata.  

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait