Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Caldera Lepas Single Kedua 'Dahaga', Kisahkan Perasaan Sepi

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Caldera Lepas Single Kedua 'Dahaga', Kisahkan Perasaan Sepi
Image: Caldera Lepas Single Kedua 'Dahaga' (istimewa)

Jakarta - Usai melepas single perdananya bertajuk 'Talk' pada awal Maret tahun ini, penyanyi pendatang baru Caldera kini kembali merilis single kedua berjudul 'Dahaga'. 

Berbeda dengan lagu pertamanya, lagu kedua yang mengisahkan mengenai perasaan sepi ini diproduseri oleh Doly Harahap yang juga memproduseri beberapa penyanyi dan musisi perempuan Tanah Air seperti Nadin Amizah dan trio Daramuda. 

Dalam lagu keduanya ini, Caldera pertama kalinya mencoba menulis lirik dalam Bahasa Indonesia loh guys. Liriknya memuat baris-baris pendek yang terus terang dan jujur. Setidaknya, begitulah yang terasa ketika Caldera mengolahnya dengan vokal yang lush dan berkarakter. Lebih-lebih ketika lapisan tebal instrumentals-nya mulai merayap secara perlahan.

Mengisahkan lebih lanjut seputar proses kreatif penulisan 'Dahaga', caldera terinspirasi oleh buah tangan penulis Djenar Maesa Ayu yang berjudul SAIA, sebuah karya yang turut menemani sang solois di kala ia merasakan kesepian.

“Lagu ini bercerita tentang rasa sepi, sebuah penantian yang tidak kunjung usai setelah menunggu seseorang untuk datang. Di waktu saya mulai mengerjakan kerangka lagu, saya menemukan inspirasi dari sematan puisi dalam cerpen berjudul ‘Air’ yang dimuat buku tersebut,” tutur Mutia Deviana, sosok di balik moniker Caldera dalam rilis resminya kepada Urbanasia, Kamis (16/9/2021).

“Begini kira-kira isinya: ‘Air dapat memelukmu tapi tak akan membelenggumu. Air dapat pantulkan cahayamu tapi tak dapat jadikanmu nyata.’ Adapun puisi tersebut ditulis oleh Banyu Bening, anak dari Djenar Maesa Ayu selaku penulis buku,” ungkapnya.

Penulisan lirik pada ‘Dahaga’ juga dibantu oleh Muhammad Mahdi. Sedangkan aransemen digarap bersama Kevin Rinaldi dan juga Doly Harahap selaku produser.

Melalui Dahaga, Caldera ingin menggiring pendengarnya ke sebuah perjalanan 3 menit ke dunianya yang intim dan sensual. Dengan aransemennya musik yang mengarah ke folk namun juga dengan sentuhan jazz sedikitnya semakin memperkuat karakter caldera sebagai pendatang baru. Ketika vokal yang bertekstur dipadu dengan alunan musik yang megah mendayu. 

Single kedua Caldera, ‘Dahaga’ sudah dapat didengarkan di berbagai layanan streaming digital mulai 17 September 2021. Sedangkan, EP pertama nya yang akan dirilis tahun depan sedang dalam proses produksi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait