Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Cara Cek dan Cairkan Dana BLT Gaji Rp 1 Juta Oktober 2021

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cara Cek dan Cairkan Dana BLT Gaji Rp 1 Juta Oktober 2021
Image: Kumpulan uang lembar rupiah (Unsplash)

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) subsidi gaji atau bantuan subsidi upah (BSU) tahun ini. Penyaluran ini ditargetkan bakal rampung di Oktober 2021.

Penyaluran BSU tahun ini akan diberikan sebesar Rp 500 ribu/bulan selama dua bulan yang diberikan sekaligus sebesar Rp 1 juta secara langsung lewat rekening Bank Himbara penerima bantuan.

Berikut syarat penerima BSU Rp 1 juta seperti dikutip dari Instagram Kemnaker, Senin (11/10/2021):
1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan NIK
2. Peserta aktif di BPJS Ketenagakerjaan sampai Juni 2021
3. Pekerja atau buruh yang memiliki gaji atau upah paling banyak sebesar Rp 3,5 juta. Nah, bagi pekerja/buruh yang bekerja di dengan upah minimum provinsi atau kabupaten/kota lebih besar dari Rp 3,5 juta, maka persyaratan gaji menjadi paling banyak sebesar upah minimum provinsi atau kabupaten/kota yang dibulatkan ke atas hingga ratusan ribuan penuh.
4. Diutamakan bagi pekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate, perdagangan dan jasa, kecuali pendidikan dan kesehatan.


Sebagai catatan, program ini diprioritaskan bagi buruh yang belum menerima program kartu Pra Kerja, program Keluarga Harapan, atau program bantuan produktif usaha mikro.

Nah kalau semua syarat itu terpenuhi, kamu yang memiliki rekening bank Himbara (Mandiri, BRI, BNI, BTN, atau BSI khusus untuk wilayah Aceh) akan langsung mendapatkan BSU lewat transfer rekeningmu. Tapi kalau rekening kamu non-Himbara, maka kamu bisa mendapatkan BSU melalui pembukaan rekening kolektif (burekol). 

Cara Cairkan BSU Melalui Burekol

Masih dari sumber yang sama, penyaluran BSU melalui skema pembukaan rekening kolektif (burekol) ini diperuntukkan bagi kamu, pekerja/buruh yang memenuhi syarat penerima BSU namun belum memiliki rekening di salah satu Bank Himbara.

Skema ini juga bisa dimanfaatkan oleh kamu penerima BSU yang sudah memiliki rekening di Bank Himbara namun mengalami kendala saat penyaluran, seperti rekening pasif, rekening tidak valid, rekening sudah tutup, atau rekeningnya sudah dibekukan. Nah, berikut cara pencairan BSU untuk rekening kolektif.

1. Cek Status Penerima BSU

Pertama kamu harus pastikan dulu statusmu. Caranya kunjungi situs web bsu.kemnaker.go.id lalu buat akun dan masuk ke menu profile. Lalu cek pemberitahuan untuk mengetahui statusmu, apakah kamu sudah menjadi calon penerima BSU, sudah ditetapkan sebagai penerima, atau malah dana BSU sudah ditransfer.

Kamu juga bisa mengeceknya lewat situs BPJS Ketenagakerjaan di sini. Kemudian pada bagian 'Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU' di beranda, isi kolom NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir sesuai KTP. Klik lanjutkan dan kamu akan mengetahui Status Calon Penerima BSU.

Kamu juga bisa mengecek statusmu lewat WhatsApp. Caranya kirim pesan di sini, lalu tunggu hingga mendapat balasan. Kemudian balas pesan dengan ketik angka 5 untuk mendapatkan Informasi Calon Penerima BSU 2021. Lalu kamu akan mendapat pertanyaan 'Apakah sebagai calon penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan' dan balas 'Ya'. Kemudian masukkan nomor kepesertaanmu. Mudah kan?

 

Baca Juga: Cara Cek BLT Subsidi Gaji Rp 1 Juta di Situs BPJS Ketenagakerjaan

2. Hubungi HRD untuk Informasi Jadwal Aktivasi Burekol

Dalam laman profile di akun BSU Kemnaker, kamu bisa mengetahui apakah kamu sudah dibuatkan akun rekening baru secara kolektif. Kalau sudah memastikan status penerima BSU, kamu bisa langsung menghubungi pihak perusahaan atau HRD untuk mengetahui informasi dari jadwal aktivasi rekening baru secara kolektif di perusahaan. 

Perlu dicatat bahwa dana BSU bisa digunakan jika rekening baru sudah diaktivasi, ya. Adapun aktivasi rekening baru tersebut paling lambat dilakukan pada 15 Desember 2021. Kalau sampai batas tersebut belum juga diaktivasi, maka dana BSU Anda akan dikembalikan ke kas negara. 

Itu dia guys cara mencairkan BSU sebesar Rp 1 juta lewat burekol. Semoga bermanfaat!
 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait