beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Cerita Raline Shah Jadi Narator Film Dokumenter 'Eating Our Way To Extinction'

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Cerita Raline Shah Jadi Narator Film Dokumenter 'Eating Our Way To Extinction'
Image: Raline Shah saat ditemui di sebuah acara di Flix Cinema, Selasa (6/9/2022). (Kintan/Urbanasia)

Jakarta - Raline Shah biasa kita lihat menunjukkan wajahnya di layar lebar. Tapi kali ini Raline hanya menunjukkan suaranya saja nih karena ia didapuk menjadi narator atau penyulih suara. 

Lewat film dokumenter 'Eating Our Way To Extinction (Kisah Manusia Merangkai Punah)', Raline Shah menunjukkan keahliannya sebagai narator yang membawakan sebagian isi film dalam Bahasa Indonesia. Untuk diketahui, film dokumenter ini merupakan film yang diproduksi Broxstar Studios dan disutradarai Ludovic Brockway. Narator asli untuk film dokumenter ini adalah aktris Kate Winslet. 

'Eating Our Way To Extinction' merupakan film dokumenter yang membahas sudut pandang dari para ahli mengenai isu-isu lingkungan, khususnya ecological collapse. Didapuk menjadi narator versi Bahasa Indonesia, Raline mengaku sempat menghadapi beberapa kesulitan. 

"Ternyata untuk menyulih suarakan sesuatu dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia tuh lumayan challenging," kata aktris 37 tahun itu di penayangan perdana 'Eating Our Way To Extinction' di Flix Cinema, Selasa (6/9/2022). 

"Pertama, saya melakukan proses ini semasa pandemi. Itu susah sekali mencari studio yang buka, yang ingin kita bekerja sama. Kedua, karena bahasa Inggris itu kan kompleks, sementara bahasa Indonesia apabila menjelaskan sesuatu kosakata kita kan beda dengan bahasa Inggris. Jadi untuk menyempitkan kata-kata itu ke dalam suatu scene, dan saya juga harus mengatur volume suara saya. Belum lagi kalau kita membuat sebuah narasi itu harus juga menghayati seperti story telling, bukan hanya menginformasikan seperti di berita gitu," sambungnya. 

Saat menjadi narator versi bahasa Indonesia, Raline mengaku banyak belajar dari cara Kate Winslet menyampaikan narasinya. 

"Banyak sekali yang saya pelajari dan juga kesadaran kayak ternyata susah ya untuk narasi dan translasi karena film ini susah dipindahkan ke bahasa indonesia yang singkat dan padat, yang bisa masuk ke dalam scene nya juga. Tapi senang lah karena di bahasa Inggris, Kate Winslet suaranya enak di dengar dan sangat jelas diksinya, dan saya coba mengikuti cara dia untuk berbicara dengan diksi yang jelas yang yakin dan juga menghayati sebagai story telling supaya indah dan nyaman di dengar," cerita Raline. 

Terakhir, Raline mengungkap kalau film dokumenter ini merupakan tontonan yang menarik karena di sini tersaji fakta serta opini dari para ahli di bidang masing-masing. 

"Saya rasa yang menarik tentang dokumenter ini adalah banyak pendapat dan opini dari para ahli. Jadi kita bukan hanya dapat informasi faktanya, tapi juga opininya tentang hal yang akan terjadi atau hal yang bisa terjadi," tutupnya. 

Buat yang penasaran seperti apa ceritanya dan bagaimana aksi Raline Shah menjadi penyulih suara, bisa langsung menyaksikan film dokumenter 'Eating Our Way To Extinction'  mulai hari ini (6/9/2022) di kanal YouTube EATING OUR WAY TO EXTINCTION. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait