beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

Deretan Figur Publik yang Mengidap Sindrom Tourette, Ada Tora Sudiro

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Deretan Figur Publik yang Mengidap Sindrom Tourette, Ada Tora Sudiro
Image: Instagram/t_orasudi_ro

Jakarta - Belakangan sindrome tourette santer dibicarakan di media sosial. Hal ini bermula dari cerita akun TikTok @be.lv yang kesulitan mengendalikan tubuhnya. 

Seperti diketahui, sindrom tourette ini merupakan gangguan neurologis yang mempengaruhi otak dan saraf. Sindrom ini biasanya berkembang pada anak usia dini. Gejalanya sering membaik saat dewasa. Sindrom ini juga menyebabkan seseorang membuat gerakan atau suara tiba-tiba yang disebut tics. 

Orang dengan sindrom tourette menjalani kehidupan yang sehat dan aktif. Namun, sindrom ini sering menyebabkan kesulitan dalam perilaku dan hubungan sosial yang dapat merusak citra diri. 

Tak hanya orang biasa, beberapa figur publik Tanah Air maupun dunia ternyata juga memiliki sindrom tersebut. Berikut deretan figur publik yang mengidap sindrom tourette namun mereka masih bisa berkarya.

1. Tora Sudiro

1662123012-tora-suditro.pngSumber: Instagram/t_orasudi_ro

Komedian Tora Sudiro ternyata diketahui memiliki gangguan sindrom tourette. Hal ini diketahui usai Tora ditangkap oleh pihak berwajib karena tuduhan penggunaan narkoba. 

Dalam pembelaannya, pengacara Tora Sudiro mengatakan bahwa kliennya mengidap gangguan sindrom tourette yang memicu Tora meminum obat Dumolid dalam dosis yang tidak sesuai agar bisa tertidur tenang.

2. Billie Eilish

1620032510-Billie-Eilish-Umumkan-Album-Baru-'Happier-Than-Ever'.jpgSumber: Billie Eilish. (Instagram @billieeilish)

Bukan menjadi rahasia lagi jika musisi Bilie Eilish teryata mengidap sindrom tourette. Dalam beberapa kali unggahan di media sosial nampak pelantun 'Lovely' itu sempat menunjukkan tics.

Kemudiam pada acara 'David Letterman’s My Next Guest Show' di Netflix dia juga menunjukkan tics. Billie juga mengaku bahwa ia sudah mengalami sindrom ini sejak usia masih kecil dan terus berusaha menahannya agar bisa diterima publik.

3. David Beckham

1662123314-david-beckham.pngSumber: Instagram/davidbeckham

Legenda sepak bola Inggris, Dabid Beckham ternyata juga mengidap sindrom ini loh Urbanreaders. Ia beberapa kali mengakui hal ini bahwa dirinya terkadang merasa lelah dengan OCD yang diderita. 

Beckham menderita OCD akibat dari sindrom tourette yang dialami. Dia merasa tidak bisa beristirahat dengan tenang sebelum ia merapikan dan membersihkan barang-barang di sekitarnya.

4. Lele Pons 

1662123406-lele.pngSumber: Instagram/lelepons

Lele Pons yang merupakan selebgram asal Amerika kelahiran Venezuela, yang meniti karier di dunia akting serta tarik suara ini meluncurkan film seri dokumenternya pada Mei 2020. 

Melalui seri dokumenter berjudul 'The Secret Life of Lele Pons' tersebut, ia mengungkapkan memiliki OCD yang cukup parah, gangguan mental lainnya, dan sindrom tourette yang telah lama ia derita.

Sindrom tourette yang diderita Lele Pons ternyata membuatnya bergantung pada orang-orang dekatnya, terutama ibunya. Tak ada penggemar yang mengetahui Lele Pons mengalami sindrom tersebut, karena ia memadukan tics yang dialaminya dengan gerakan lain, sehingga para penggemar menganggapnya sedang melucu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait