beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Dinkes DKI Catat 5 Orang Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Misterius

Ahmad Sidik,
19 Mei 2022 17.26.02 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dinkes DKI Catat 5 Orang Meninggal Diduga Akibat Hepatitis Misterius
Image: Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes DKI Jakarta, Dwi Oktavia di Balaikota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (1/4/2020). (Dok. Humas Pemprov DKI)

Jakarta - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat lima orang meninggal dunia diduga akibat terserang hepatitis akut misterius per 18 Mei 2022.

"Sejauh ini yang meninggal ada lima orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktaviani mengutip laman ANTARA, Rabu (18/5/2022)

Lima orang yang meninggal terdiri dari satu orang yang berstatus probable atau kemungkinan hepatitis akut misterius dan empat orang yang menunggu hasil pemeriksaan atau pending.

Kelimanya termasuk 24 temuan kasus diduga hepatitis akut misterius, terdiri dari tiga orang probable, dua puluh orang pending, dan suspek atau dicurigai satu orang.

Hingga kini, kata dia, belum ada konfirmasi terkait penyebab penyakit misterius itu sebab masih diteliti. Penelitian dilakukan untuk mengetahui jenis hepatitis untuk dikategorikan hepatitis A, B ,C, D, atau E.

Dwi menuturkan jika dari kelima jenis hepatitis tersebut negatif dan kadar enzim dalam hati, jantung, ginjal dan otak (SGOT) dan enzim dalam hati (SGPT) di atas 500, kemungkinan tergolong probable.

Mengikut paparan rapat bersama Komisi E DPRD DKI, sebaran 24 kasus hepatitis akut misterius itu hampir merata di DKI yakni Jakarta Pusat sebanyak tiga orang, Jakarta Utara (4), Jakarta Barat (7), Jakarta Selatan (2) dan Jakarta Timur (4) serta luar DKI Jakarta ada empat orang.

"Jadi kepada mereka 24 orang kami berusaha pastikan penyebabnya apa. Kalau bisa diketahui, baru keluar dari kelompok penyakit hepatitis misterius," pungkasnya.

Dwi meminta masyarakat untuk tidak panik dengan tetap menjaga dan menerapkan pola hidup sehat serta menjaga protokol kesehatan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait