menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Diresmikan Akhir April, Pemkot Kebut Selesaikan Administrasi Jembatan Joyoboyo 

Nivita Saldyni,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Diresmikan Akhir April, Pemkot Kebut Selesaikan Administrasi Jembatan Joyoboyo 
Image: Jembatan Joyoboyo. Sumber: Humas Pemkot Surabaya

Surabaya - Hingga saat ini Jembatan Joyoboyo di Surabaya belum kunjung beroperasi. Pemkot Surabaya pun berencana akan meresmikannya pada akhir April mendatang, setelah proses administrasi rampung.

“Mungkin insyallah tanggal 28 April 2021 ini, kemungkinan dibarengkan dengan peresmian PLTSa, insyallah demikian semoga jadwalnya tidak berubah lagi,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan Kota Surabaya, Erna Purnawati, di Surabaya, Selasa (20/4/2021).

Meski begitu, Erna mengaku rencana itu akan dikembalikan lagi kepada keputusan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Oleh karena itu, Urbanreaders para warga Surabaya diminta bersabar.

Seperti yang diketahui, pembangunan proyek Jembatan Joyoboyo telah rampung 100 persen sejak beberapa bulan lalu. Sementara uji coba dengan dua truk seberat 100 ton oleh tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya juga sudah dilakukan pada Februari 2021. Erna pun menjelaskan pembukaan Jembatan Joyoboyo tertunda karena pembayarannya belum sampai 100 persen ke kontraktor.

Hal ini bisa terjadi lantaran adanya refocusing anggaran akibat pandemi COVID-19. Adapun proyek-proyek di Surabaya yang pembayarannya belum tuntas itu di antaranya Jembatan Joyoboyo, akses menuju Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), dan beberapa pedestrian.

“Ini kejadian pertama kali dan di luar prediksi, karena adanya pandemi, maka harus ada landasan untuk melakukan pembayaran di luar tahun anggaran,” jelas Erna.

Untuk menyelesaikannya, Pemkot telah menerbitkan Peraturan Wali Kota (Perwali) yang mengatur pembayaran di luar tahun anggaran. Sehingga pembayaran Jembatan Joyoboyo bisa segera diselesaikan dan segera diresmikan.

“Jembatan Joyoboyo ini kan audit dari Inspektorat sudah selesai, Perwali juga sudah keluar, sehingga besok atau lusa sudah kami bayarkan kepada pihak kontraktor, apalagi ini uangnya sudah siap juga, sehingga kami langsung proses untuk sisa pembayarannya,” tutupnya.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait