beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

DIY Parfum Homemade dari Bunga Segar

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
DIY Parfum Homemade dari Bunga Segar
Image: Ilustrasi Parfum dari Bunga Segar (Pexels)

Jakarta - Parfum yang bagus bisa saja memiliki seratus bahan untuk membuatnya, tetapi terkadang yang sederhana sama manisnya.

Meskipun kamu bisa membuat parfum dengan kombinasi minyak esensial, atau bahan-bahan yang lebih kompleks, tapi parfum dengan berbahan dasar air beraroma bunga langsung adalah hadiah ideal untuk kalian yang berjiwa romantis.

Belum lagi membuat parfum sendiri adalah cara untuk menghindari bahan kimia atau pengawet yang berpotensi berbahaya, yang sering ditemui dalam wewangian sintetis. Sehingga parfum berbahan dasar air buatan sendiri adalah pilihan terbaik yang ramah lingkungan.

Saat membuat parfum sebagai hadiah, penting untuk mengingat selera dan preferensi orang yang akan kamu berikan hadiah itu.

Kamu pasti ingin menggunakan bunga yang sangat harum untuk mendapatkan aroma yang baik, jadi pikirkan bunga mana yang disukai oleh mereka. Beberapa pilihan bunga yang perlu dipertimbangkan adalah mawar, honeysuckle, dan lavender.

Nah, tapi gimana sih cara membuatnya? Tanpa berlama-lama lagi yuk langsung saja ikuti instruksi di bawah ini.

Peralatan dan Bahan:

- 1 mangkuk ukuran sedang dengan penutup 
- 1 panci kecil
- 1 bungkus kain katun tipis
- 1 1/2 cangkir kelopak bunga
- 2 gelas air suling
- 1 botol kecil dengan tutup kedap udara

Instruksi:

1. Cuci semua kelopak bunga yang tadi sudah disiapkan. Bersihkan dari kotoran dan endapan dengan lembut menggunakan air bersih. 
 
2. Rendam bunga semalaman. Tempatkan kain katun tipis di dalam mangkuk dengan ujung-ujungnya tumpang tindih pakai mangkuk. Lalu masukkan bunga ke dalam mangkuk berlapis kain tipis itu, kemudian tuangkan air di atasnya, hingga menutupi bunga. Tutup mangkuk dengan penutup dan biarkan bunga berendam semalaman.

3. Keesokan harinya, buka tutup mangkuk yang digunakan untuk merendam bunga semalaman. Lalu, satukan keempat sudut kain tipis untuk mengangkat kantong bunga dari air. Peras kantong berisi bunga tadi di atas panci kecil untuk mengeluarkan air beraroma bunga. Didihkan dengan api kecil sampai Anda memiliki sekitar satu sendok teh cairan.

4. Dinginkan terlebih dahulu air beraroma bunga tadi. Jika sudah, tuang air itu ke dalam botol, lalu tutup rapat.  

5. Parfum buatanmu sendiri ini bisa bertahan hingga satu bulan jika disimpan di tempat yang sejuk dan gelap.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait