beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Empat Pesan Anies Baswedan Kepada Seluruh Sekolah di Jakarta

Urbanasia,
hampir 4 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Empat Pesan Anies Baswedan Kepada Seluruh Sekolah di Jakarta
Image: Sumber: Humas Pemprov DKI Jakarta

Urban Asia - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memberikan empat pesan kepada seluruh sekolah di Jakarta. Pesan ini disampaikan Anies saat melantik 721 Kepala Sekolah di Halaman Gedung Balaikota.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut berharap, empat pesan utama ini mampu hadir di setiap institusi pendidikan negeri di Jakarta.

Jadi, pesan yang pertama adalah sekolah harus menjadi ekosistem pendidikan yang subur agar benih-benih terbaik mampu tumbuh.

"Jangan pernah lagi menggunakan kata membentuk, tapi menumbuhkan. Jangan bentuk karakter anak-anak tapi tumbuhkan karakter anak-anak. Begitu kita berpikir membentuk, maka sudah ada dalam mindset kita untuk mau atur, geser, semau kita. Tapi kalau kita bicara menumbuhkan, maka kita buat suasana sehingga mereka bisa tumbuh sesuai dengan potensi dan bakatnya," kata Anies, Rabu (12/9).

Kemudian pesan kedua, Kepala Sekolah dapat berperan tidak sekadar pemegang otoritas, melainkan sebagai pemimpin yang mampu bersahabat dan menggerakan melalui teladan.

Image: Humas Pemprov DKI Jakarta

Selain itu, pesan ketiga yaitu perlu dibangun suasana menyenangkan di sekolah agar prestasi dapat tercapai.

"Saya kalau datang lihat sebuah sekolah, maka nomor satu adalah lihat suasananya. Indikatornya sederhana. Anak-anak itu datang ke sekolah dengan senang hati, berada di sekolah senang hati. Kalau pulang sekolah, baru berat hati. Jangan terbalik bahwa datang ke sekolah berat hati, berada di sekolah berat hati, pulang dari sekolah senang hati, maka ada masalah di sekolah ini," ujar Anies lagi.

Terakhir pesan keempat, seluruh Kepala Sekolah di Jakarta juga diimbau mampu membangun hubungan baik dengan orang tua dan lingkungan sekitar tuh.

Lebih lanjut Anies mengatakan sekolah harus terhubung dengan lingkungan sekitar dengan melibarkan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan komunitas warga.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait