beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Face Steamer Bisa Bikin Pori-pori Mengecil, Benarkah?

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Face Steamer Bisa Bikin Pori-pori Mengecil, Benarkah?
Image: Ilustrasi menguapi wajah dengan face steamer. (Freepik/lenblr)

Jakarta - Perawatan kecantikan di spa tentu menyenangkan ya, Urbanreaders. Akan tetapi, nggak semua orang punya waktu atau budget yang cukup untuk datang ke tempat tersebut. 

Meski demikian, kamu bisa kok melakukan perawatan sendiri di rumah namun sedikit bernuansa spa, yakni dengan menguapi wajah menggunakan face steamer. Alat ini diyakini membawa banyak manfaat untuk kulit, mulai dari menghidrasi kulit, mempermudah penyerapan skincare, membersihkan kulit sampai pori-pori terdalam, mencegah jerawat, bikin rileks, dan masih banyak lagi.

Namun yang paling banyak dipercaya soal alat ini adalah dapat mengecilkan pori-pori. So, nggak heran ya banyak yang tergiur untuk memiliki beauty tool satu ini. Tapi apakah benar face steamer bikin pori-pori mengecil? Atau itu hanya sugesti saja? Biar nggak penasaran, yuk langsung kita simak pembahasannya. 

Mengenai face steamer dapat mengecilkan pori-pori, itu tidak benar. Dua dermatologis asal Amerika Serikat, Joyce Imahiyerobo-Ip dan Michelle Henry, mengungkap kalau ukuran pori-pori didasarkan pada faktor genetik sehingga tidak bisa mengecil dan membesar dengan mudah.

"Kamu tidak bisa mengubah ukuran pori-porimu, tapi kamu bisa membantu mengurangi tampilan pori-pori dengan menjaganya tetap bersih," kata Imahiyerobo-Ip seperti dikutip Cosmopolitan, Kamis (7/7/2022).

Dia mengungkap kalau face steamer dapat membantu melembutkan lapisan kulit bagian atas untuk membantu eksfoliasi dan penyerapan produk yang lebih baik. 

"Menguapi wajah juga dapat membantu melembutkan isi pori-pori, yang bisa menjadi sumbatan yang dapat menyebabkan jerawat," jelas Dr. Henry. 

"Selain itu, panas juga dapat merangsang keringat yang dapat membantu mendorong ekstrusi sumbat itu," sambungnya lagi. 

Maka dari itu, Henry menyarankan mereka yang sedang mengalami komedo yang tersumbat atau jerawat yang baru saja muncul, dengan menguapi wajah atau memakai face steamer dapat membantu mendorong keluar apa pun yang menyumbat pori-pori kulitmu. 

Jadi sudah pada tahu kan, kalau face steamer baik untuk mengatasi komedo atau jerawat yang baru tumbuh dengan menghilangkan semua kotoran yang menyumbat pori. Namun alat ini, juga alat atau produk lainnya, tidak akan bisa mengubah ukuran pori-pori kulitmu. 

Terus harus pakai alat ini kapan? Imahiyerobo-Ip menyarankan untuk menggunakan face steamer seminggu sekali selama 10 menit saja. 

Bagi mereka yang kulitnya sensitif maupun yang menderita eksim atau rosacea perlu hati-hati ya. Soalnya uap panas dapat memicu timbulnya eksim dan rosacea serta meningkatkan kemerahan dan sensitivitas. Untuk yang kulitnya normal juga perlu hati-hati supaya tidak menggunakan alat ini dalam suhu yang tinggi untuk menghindari kulit terbakar.

Jadi pastikan face steamer atau baskom uap kamu jaraknya 5 inci dari wajah dan tutup matamu saat proses steam itu. Yang lebih penting, kalau kamu merasa kulit tidak nyaman, segera hentikan proses penguapan tersebut.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait