beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Geranium hingga Borage, 5 Jenis Bunga Ini Aman Dimakan 

Griska Laras,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Geranium hingga Borage, 5 Jenis Bunga Ini Aman Dimakan 
Image: Edible Flower/Freepik.

Jakarta - Edible flower sudah lama digunakan dalam dunia kuliner. Selain untuk mempercantik sajian, bunga - bunga ini juga dapat menambah aroma dan cita rasa suatu hidangan. 

Tapi menambahkan bunga ke dalam masakan tidak boleh sembarangan. Sebab ada bunga yang dapat menyebabkan alergi, keracunan, bahkan kematian. Berikut ini Urbanasia rangkum beberapa jenis bunga yang aman dimakan. 

1. Hibiscus 

1661403887-Hibiskus.jpegSumber: Hibiscus drink/Freepik.

Identik dengan negara tropis, hibiscus banyak dipakai sebagai bahan pelengkap masakan. Bunga yang juga dikenal dengan nama kembang sepatu ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, asam amino, zat besi, dan kalsium. 

Selain kaya nutrisi, rasa bunga sepatu mirip buah cranberry dengan sedikit perpaduan lemon. Hibiscus digunakan sebagai penambah cita rasa pada sup, infuse water, serta garnish jelly dan cake. 

2. Calendula 

1661403898-calendula.jpegSumber: Calendula tea/Freepik Yummypic.

Calendula punya sejarah panjang dalam pengobatan tradisional. Bunga dengan kelopak kuning dan jingga ini banyak dipakai untuk mengobati luka infeksi. Selain mencegah infeksi, calendula juga bagus untuk kulit.

Kelopaknya mengandung senyawa flavonoid yang ampuh menangkal radikal bebas. Dalam dunia kuliner, calendula dapat dimakan mentah atau dijadikan campuran salad, scramble egg. 

3. Borage 

1661403893-Borage.jpegSumber: Borage/Freepik.

Tanaman herbal asal Mediterania ini cukup mudah dikenali karena bentuknya yang indah. Borage memiliki bunga berbentuk bintang dengan warna biru langit yang indah. 

Meskipun termasuk dalam tanaman herbal, borage memiliki rasa manis dengan sedikit aroma mentimun yang segar. Bunga ini dapat ditambahkan untuk campuran salad, soup, atau yoghurt. 

4. Butterfly Blue Pea 

1661403910-butterfly-blue-pea.jpegSumber: butterfly blue pea/Freepik Jcomp.

Butterfly blue pea atau bunga telang sudah banyak dipakai dalam produk kesehatan dan kecantikan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada bunga ini diklaim dapat mencegah penyakit kanker. Di Indonesia sendiri, bunga telang digunakan sebagai campuran teh dan pewarna makanan alami. 

5. Geranium 

1661403075-Geranium-cake.jpegSumber: Geranium cake/Freepik Jcomp.

Dikenal sebagai pengusir nyamuk, geranium ternyata aman dikonsumsi lho, Urbanreaders. Bunga dengan kelopak bunga warna - warni ini memiliki aroma manis, seperti perpaduan coklat dan mawar. Karena aromanya yang manis, geranium banyak dipakai sebagai garnish cake atau es krim. 

Nah itulah beberapa jenis bunga yang aman dikonsumsi. Kamu sudah pernah coba yang mana, Urbanreaders? 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait