beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia

Shinta Galih,
16 November 2022 11.15.03 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Google Doodle Rayakan Hari Angklung Sedunia
Image: Google Doodle tampilkan Hari Angklung Sedunia. (Google)

Jakarta - Saat membuka laman pencarian Google hari ini, mata akan langsung disambut animasi bocah-bocah yang sedang bermain angklung. Rupanya Google Doodle turut merayakan Hari Angklung Sedunia yang jatuh setiap tanggal 16 November.

"Doodle animasi hari ini merayakan Angklung, alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu,” tulis Google di situs resminya, Rabu (16/11/2022).

Sebelum angklung ditetapkan sebagai warisan dunia oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNESCO) pada 16 November 2010, angklung punya sejarah yang panjang.

Alat musik yang terbuat dari bambu ini lahir di Jawa Barat sekitar 400 tahun silam. Angklung dibuat lantaran penduduk desa percaya bahwa suara bambu dapat menarik perhatian Dewi Sri.

Dewi Sri sendiri merupakan Dewi Padi dan kemakmuran. Pada musim panen, penduduk desa mengadakan upacara dan memainkan angklung.

Mereka berharap Dewi akan memberkati mereka dengan hasil panen yang subur.

Pengrajin menggunakan bambu hitam khusus untuk membuat angklung. Alat musik ini masih menjadi pokok budaya Indonesia. 

Angklung sering menjadi sarana kegiatan menyambut tamu terhormat di Istana Kepresidenan. Alat musik ini juga kerap tampil dalam pertunjukkan di berbagai festival yang digelar di seluruh dunia. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait