Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Gubernur Kaltim Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang pada 30 September

Ardha Franstiya,
22 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Gubernur Kaltim Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang pada 30 September
Image: Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor. (Instagram pemprov_kaltim)

Samarinda - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor mengimbau masyarakat, instansi pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta untuk menaikkan bendera setengah tiang pada 30 September 2021.

Juru Bicara Pemprov Kaltim HM Syafranuddin menjelaskan pengibaran bendera setengah tiang sebagai bentuk mengenang gugurnya sejumlah Jenderal TNI karena penghianatan PKI.

“Pak Gubernur mengimbau agar kita semua ikut memperingati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2021. Pertama pada 30 September kita naikan bendera setengah tiang sebagai tanda penhormatan, kemudian pada 1 Oktober bendera dinaikkan satu tiang penuh,” kata Syafranuddin, mengutip ANTARA, Kamis (3/9).

Imbauan ini kata Ivan, sapaan akrabnya, tidak lain untuk mengingatkan kembali kekejaman Partai Komunis Indonesia (PKI) yang secara sadis membunuh para jenderal TNI.

Namun, berkat perjuangan rakyat bersama TNI, akhirnya pada 1 Oktober 1965, PKI berhasil ditumpas dan Pancasila tetap menjadi ideologi bangsa Indonesia hingga saat ini.

Pesan dari peringatan ini lanjut Ivan, hendaknya semakin meningkatkan kesadaran segenap komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidup berbangsa dan bernegara.

“Semua tanpa terkecuali. Yang muda, yang tua, pejabat atau masyarakat awam, kaya dan miskin semua harus berpedoman kepada Pancasila. Kita bisa hidup bersama sebagai sebuah bangsa dan bersatu hingga hari ini dari Sabang sampai Merauke, karena Pancasila. Tetap NKRI, tetap Pancasila,” tegas Ivan.

Sementara terkait pedoman penyelenggaraan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di daerah, Ivan menjelaskan khususnya di daerah PPKM Level 2, maka upacara peringatan bisa dilakukan di kantor Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota mulai pukul 08.00 Wita.

“Kantor perwakilan/lembaga yang ada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi/kabupaten/kota,” jelas Ivan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait