menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Guru di Sukabumi Lumpuh Usai Vaksin Kedua, KIPI Investigasi

Griska Laras,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Guru di Sukabumi Lumpuh Usai Vaksin Kedua, KIPI Investigasi
Image: Ilustrasi vaksin. Sumber: Freepik

Jakarta - Seorang guru honorer berinisial SA di Sukabumi, Jawa Barat, mengalami kelumpuhan usai menjalani vaksinasi COVID-19.

SA disebut mengalami gangguan penglihatan dan lumpuh setelah vaksinasi COVID-19 tahap 2 untuk tenaga pendidik pada 31 Maret lalu.

Kepala Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi, Andi Rahman, mengatakan kasus ini masih dalam investigasi Komda dan Komnas Kejadian Pasca Imunisasi (KIPI).

“Kalau sudah ada hasil investigasi, kami akan beritahu. Sampai saat ini petugas dinkes dan puskesmas tetap melakukan pemantauan terhadap kondisi SA," kata Andi seperti dikutip Antara, Jumat (30/4/2021).

Kabar lumpuhnya guru honorer ini pertama kali diungkap seorang warganet dalam akun Facebook pribadinya, Senin (26/4/2021).

"Malam tadi mendapatkan informasi bahwa Guru SMAN 1 Cisolok saat ini sedang mengalami sakit setelah disuntik vaksin covid-19. Semoga segera diangkat penyakitnya dan dapat menjalani aktivitas seperti sediakala," tulis akun Rudi Ripandi.

Rudi juga mengunggah foto tangkapan layar chat yang berisi kronologi kejadian dan update kondisi SA.

Dalam chat tersebut diceritakan, SA merasa pusing dan lemas tak lama setelah disuntik vaksin. Dia pun diminta beristirahat oleh petugas di lokasi.

Bukannya membaik, SA justru merasa sesak dan penglihatannya buram. Gejala itu juga disertai kesulitan menggerakan kedua tangannya lalu pingsan.

Oleh rekannya, SA dilarikan ke RS Palabuhanratu dan dirujuk ke RS Hasan Sadikin Bandung.

Kondisi SA dikabarkan mulai membaik setelah tiga pekan dirawat di sana. Dia sudah bisa melihat meski masih berbayang.

"Penglihatan masih 'ngagebleg' bu katanya jadi kalau diliatin sesuatu depan mata ga tau itu benda apa, bentuknya seperti apa cuman kayak ada bayangan aja."

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait