beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Hari Hepatitis Dunia 2022, Kenali Jenis dan Gejala Hepatitis!

Griska Laras,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hari Hepatitis Dunia 2022, Kenali Jenis dan Gejala Hepatitis!
Image: Ilustrasi - Hepatitis akut pada anak (Foto: LiveScience)

Jakarta — Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap 28 Juli untuk menyadarkan pentingnya bahaya hepatitis kepada masyarakat dunia. 

Menurut laporan WHO, hepatitis masih menjadi ancaman kesehatan global utama. Setiap tahunnya ada lebih dari 350 juta orang yang mengidap hepatitis B atau C kronis.

Hepatitis sendiri merupakan penyakit peradangan hati yang menular dan bermacam-macam jenisnya. 

Penyebab penyakit hepatitis bermacam-macam. Bisa karena mengonsumsi alkohol dan obat-obatan berlebihan hingga penyakit autoimun. Tapi kebanyakan kasus hepatitis terjadi karena infeksi virus. Berikut jenis - jenis hepatitis dan gejalanya!

Jenis – Jenis Hepatitis 

1593233342-Hepatitis.pngSumber: Ilustrasi hepatitis. (freepik)

Umumnya ada lima virus utama hepatitis yang dikenal secara luas, yakni hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, hepatitis C, dan hepatitis E. 

Dari kelima jenis hepatitis, tipe B dan tipe C yang paling mengkhawatirkan karena menyebabkan penyakit kronis pada ratusan juta orang. Dua tipe hepatitis tersebut juga merupakan penyebab paling umum penyakit sirosis hati dan kanker. 

Hepatitis A 

Penyakit hepatitis A disebabkan karena makanan dan minuman yang terkontaminasi virus hepatitis A (HAV). Penularan hepatitis juga bisa disebabkan karena hubungan seks dengan orang yang terinfeksi. 

Umumnya hepatitis A bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi dalam beberapa kasus penyakit ini bisa menyebabkan gejala parah dan mengancam jiwa. Penyakit hepatitis A banyak ditemukan di negara-negara dengan sistem sanitasi yang buruk.  

Hepatitis B 

Virus hepatitis B (HBV) ditularkan melalui cairan tubuh orang yang terinfeksi seperti darah, ASI, atau air mani. Penularan hepatitis B juga dapat terjadi melalui jarum suntik yang terkontaminasi vurus HBV. 

Hepatitis C 

Sebagian besar penyakit hepatitis C ditularkan melalui transfusi darah orang yang terinfeksi. Penyakit ini juga ditularkan melalui aktivitas seksual dengan orang yang terinfeksi, tapi jauh lebih jarang terjadi. 

Hepatitis D 

Infeksi virus hepatitis D hanya bisa terjadi pada orang-orang yang sudah terinfeksi HBV. Infeksi ganda HDV dan HBV dapat menyebabkan penyakit serius dan gejala yang lebih buruk. 

Hepatitis E 

Sebagian besar hepatitis E ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi virus hepatitis E (HEV). Penyakit ini banyak ditemukan di negara-negara dengan sistem sanitasi buruk. 

Gejala Umum Hepatitis 

1657177739-Ilustrasi-tes-hepatitis.jpegSumber: Freepik/saiful52

Banyak orang dengan hepatitis tidak memiliki gejala dan tidak tahu bahwa mereka terinfeksi. Tapi ada beberapa gejala umum hepatitis yang bisa dideteksi. 

– demam

– kelelahan

– kehilangan nafsu makan

– mual dan muntah

– sakit perut

– urin berwarna gelap

– tinja berwarna terang 

– nyeri sendi

– penyakit kuning. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait