Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Ini Daftar 4 Aset Tommy Soeharto yang Disita Negara

Shelly Lisdya,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini Daftar 4 Aset Tommy Soeharto yang Disita Negara
Image: Tommy Soeharto. (Antara)

Jakarta - Pemerintah melalui Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) menyita aset milik Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto.

Menteri Koordinator Bidang, Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut, Tommy Soeharto menyewakan aset tanah seluas 124 hektare yang dijaminkan kepada negara melalui BLBI.

Dengan demikian, Satgas BLBI mengirimkan tim dan aparat keamanan guna menyita aset jaminan penanggung utang PT Timor Putra Nasional (TPN) berupa tanah seluas 124 hektare yang dijaminkan oleh Tommy Soeharto kepada negara.

"Tetapi, ternyata itu masih disewakan dan nyewanya ke itu-itu juga, sehingga sekarang kami sita dan akan segera dibaliknamakan atas nama negara dan kami punya dokumen itu," kata Mahfud dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat (5/11/2021).

Adapun penyitaan dilakukan setelah satgas melakukan upaya penagihan terhadap kewajiban PT TPN. Penagihan PT TPN pun berasal dari kredit beberapa bank.

Sementara outstanding nilai utang PT TPN kepada pemerintah yang ditagihkan oleh PUPN usai ditambahkan Biaya Administrasi Pengurusan Piutang Negara sebesar 10 persen adalah Rp2,61 triliun (sesuai PJPN 375/PUPNC.10.05/2009 tanggal 24 Juni 2009).

Aset Tommy Soeharto yang disita satgas terbagi atas empar bidang tanah yang berlokasi di kawasan industri Mandala Putra, Dawuan, Cikampek, Karawang, Jawa Barat dengan nilai aset tanah sekitar Rp 600 miliar.

Berikut aset Tommy Soeharto yang disita Satgas BLBI:

1. Tanah seluas 530.125,526 meter persegi yang terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang, sebagaimana SHGB Nomor 4/Kamojing atas nama PT KIA Timor Motors

2. Tanah seluas 98.896,700 meter persegi yang terletak di Desa Kalihurip, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 22/Kalihurip atas nama PT KIA Timor Motors

3. Tanah seluas 100.985,15 meter persegi yang terletak di Desa Cikampek Pusaka, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 5/Cikampek Pusaka atas nama PT KIA Timor Motors

4. Tanah seluas 518.870 meter persegi yang terletak di Desa Kamojing, Kabupaten Karawang sebagaimana SHGB Nomor 3/Kamojing atas nama PT Timor Industri Komponen.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait