Jakarta - Lembaga riset, Counterpoint, merilis laporan brand smartphone yang paling terpercaya. Siapa saja mereka?

Dalam melakukan penilaian ini, Counterpoint melihat dari empat aspek. Ada pembaruan software, update keamanan, build quality dan rekomendasi kelas enterprise.

Adalah Nokia yang dianggap sebagai brand smartphone yang terpercaya tahun ini. Nokia menjadi satu-satunya perusahaan yang benar-benar berhasil dengan program Android One. 

Dibandingkan merek lain, semua smartphone Nokia yang ada di pasaran telah menjalankan Android 10

Perusahaan asal Finlandia ini dianggap paling rajin merilis update patch keamanan tiap bulannya dibandingkan brand lain di pasaran.

"Kinerja ponsel Nokia terus menjadi keunggulan kompetitif atas merek smartphone lainnya di ekosistem Android. Sebanyak 98% merek smartphone Android masih menawarkan pembaruan perangkat lunak dan keamanan yang tidak konsisten atau tidak sama sekali," terang Peter Richardson, VP & Research Director Counterpoint.

1603939081-data-counterpoint.jpgSumber: Hasil riset Counterpoint

Perusahan yang mendekati Nokia ada OnePlus. Skor yang mereka raih nyaris sempurna karena produknya telah mendapatkan pembaruan keamanan tiap bulan.

Namun, OnePlus harus mengakui keunggulan Nokia yang saat ini memiliki total 20 smartphone yang menggunakan Android 10. Sementara OnePlus punya total 7 perangkat.

Selanjutnya secara berurut ada Samsung, Realme dan Xiaomi. Perangkat besutan ketiga vendor ini sudah banyak yang menjalankan Android 10, meski belum keseluruhan.

Selain itu, ketiganya cukup rajin merilis update patch keamanan meski tidak setiap bulan seperti dilakukan Nokia maupun OnePlus.
 

Komentar
paper plane