Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

Ini yang Harus Dilakukan Jika Orang Tua Alami Post Power Syndrome

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini yang Harus Dilakukan Jika Orang Tua Alami Post Power Syndrome
Image: Post Power Syndrome (ilustrasi: Freepik/Tirachardz)

Jakarta - Baru-baru ini post power syndrome yang menyerang orang tua atau lanjut usia (lansia) santer dibicarakan di publik. 

Seperti yang sudah Urbanasia beritakan, post power syndrome sendiri merupakan kondisi kejiwaan yang umumnya terjadi pada orang-orang yang kehilangan kekuasaan atau jabatan

Namun, tidak semua orang yang memasuki masa pensiun akan mengalami kondisi ini loh. Masih ada juga orang tua yang sudah pensiun tetapi masih aktif berkegiatan dan bersosial. 

Baca Juga : Mengenal Post Power Syndrome yang Rentan Dialami Orang Tua

Urbanreaders, bagaimana jika salah satu dari keluargamu mengalami kondisi post power syndrome?

Dalam persoalan apapun, keluarga adalah lingkungan terdampak pertama. Untuk itu, penting sekali bagi keluarga untuk mengenali gejala post power syndrom sedini mungkin agar bisa diatasi dengan baik. 

Psikolog Prita Pratiwi dalam URLife, Jumat (15/10/2021) mengatakan, peran keluarga sangat diperlukan untuk memberikan dukungan dan memberikan makna yang positif bagi anggota keluarga yang mengalami kondisi ini.

"Makanya kalau orang pensiun itu sebaiknya ada kegiatan, atau belajar hal baru. Apabila kita memiliki orang tua yang mengalami kondisi ini, sebaiknya ajak mereka untuk melakukan kegiatan," katanya.

Baca Juga : 3 Cara Menghadapi Hubungan yang Nggak Direstui Orang Tua

"Ada banyak kegiatan yang dilakukan, seperti mengantar ke rumah sakit atau lainnya. Jangan sampai dia nggak punya kegiatan," lanjutnya.

Selain itu, anggota keluarga termasuk anak juga memberi semangat dan mengingatkan jika dirinya telah mendapatkan prestasi. Prita mengingatkan, jika memberi pertolongan juga harus dengan kata-kata yang benar, karena orang dengan kondisi ini sangat sensitif.

"Jangan sampai dia merasa kita mengasihani dia, kalau dia merasa kayak gitu, dia akan berpikiran kalau dia sudah tidak mampu lagi dan tidak berguna makanya semua orang nolongin aku," tandasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait