menu
user
URnews

Jelang Libur Panjang, Kepala BNPB Minta Masyarakat Tahan Diri

Shelly Lisdya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jelang Libur Panjang, Kepala BNPB Minta Masyarakat Tahan Diri
Image: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo. Sumber: bnpb.go.id.

Jakarta - Banyaknya cuti libur nasional menjadi PR bagi pemerintah, pasalnya usai libur panjang, kasus aktif atau pun positif COVID-19 di Indonesia pun meningkat.

Untuk itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Doni Monardo mengatakan, guna mengatasi kasus tersebut dengan membatasi aktivitas atau mengurangi mobilisasi masyarakat.

“Dilihat dari libur Lebaran, Agustus dan Natal kemarin,  kasusnya terus mengalami peningkatan," ujarnya ketika Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana 2021 yang diselenggarakan BNPB pada Selasa (9/3/2021). 

Padahal, pada bulan Oktober 2020, kasus aktif di Indonesia hanya 50 ribu, kemudian naik mencapai 176 ribu orang pada akhir tahun 2020. 

Namun, selama satu tahun terakhir, kasus aktif turun menjadi 145.628 orang hingga 8 Maret 2021. Untuk itu, Doni mengimbau agar masyarakat menahan diri untuk tidak melakukan perjalanan jauh, terlebih sebentar lagi akan memasuki bulan Ramadan.

"Sebentar lagi akan ada libur panjang, saya mohon untuk masyarakat bisa menahan diri untuk tak memaksa bepergian jauh,” ujarnya.

Sementara itu, Doni juga menyebut, strategi pengendalian COVID-19 adalah masyarakat tetap disiplin pelaksanaan protokol kesehatan 3M, 3T serta mengikuti program vaksinasi. 

"Ini adalah aspek penting yang harus kita jalankan agar kasus COVID-19 melandai," tandasnya.



Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait